Sevia, Kadek Dwi (2025) PENGARUH PENGGUNAAN PENYULUHAN EDU-ECOBRICK TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PENGELOLAAN SAMPAH SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DEMAK IJO 1. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (COVER)
1. Awal.pdf Download (410kB) |
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (236kB) |
Text (CHAPTER 1)
3. Chapter 1.pdf Download (1MB) |
Text (CHAPTER 2 2)
4. Chapter 2.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
Text (CHAPTER 3)
5. Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
Text (CHAPTER 4)
6. Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
Text (CONCLUSION)
7. Conclusion.pdf Download (120kB) |
Text (REFERENCES)
8. References.pdf Download (195kB) |
Text (APPENDICES)
9. Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Text (SKRIPSI FULL)
KADEK DWI SEVIA_P07133221015.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang : Sampah plastik merupakan masalah lingkungan utama di Indonesia, dengan timbulan nasional mencapai 35 juta ton per tahun (SIPSN, 2023). Di Yogyakarta, masalah ini kian memburuk karena kondisi darurat sampah dan padatnya kapasitas TPST Piyungan. Kabupaten Sleman tercatat sebagai penyumbang sampah tertinggi di provinsi ini. Pendidikan lingkungan sejak dini menjadi strategi penting untuk menanggulangi masalah tersebut. Studi pendahuluan di SDN Demak Ijo 1 menunjukkan rendahnya pemahaman siswa tentang pengelolaan sampah, sehingga diterapkan metode “Edu-Ecobrick” sebagai solusi edukatif. Tujuan : Mengetahui pengaruh penyuluhan Edu-Ecobrick terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang pengelolaan sampah. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental. Sampel terdiri dari 56 siswa kelas V yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol, masing-masing 28 siswa. Data diperoleh melalui kuesioner pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann- Whitney. Hasil : Terdapat peningkatan signifikan pada variabel pengetahuan memperoleh ilai sebesar rata-rata yaitu 92 dan bermakna dengan (Sig.2-tailed) sebesar 0,000. Pada variabel sikap nilai sebesar rata-rata yaitu 99 dan bermakna dengan (Sig.2- tailed) sebesar 0,002. Pada variabel perilaku nilai sebesar rata-rata yaitu 93 dan bermakna dengan (Sig.2-tailed) sebesar 0,000. Pada uji Mann-Whitney menunjukkan adanya perbedaan signifikan kelompok eksperimen dan pembanding pada variabel pengetahuan (p = 0,032), sikap (p = 0,007), dan perilaku (p = 0,000). Kesimpulan : Penyuluhan menggunakan metode Edu-Ecobrick efektif untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku dalam pengelolaan sampah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Sampah, Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Edu-Ecobrick |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 10:18 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 10:18 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/20280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |