KAJIAN KEAMANAN PANGAN PADA PENYELENGGARAAN MAKAN SIANG DI SD MUHAMMADIYAH KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA BERDASARKAN PENERAPAN PRAKTIK LIMA KUNCI KEAMANAN PANGAN

Apiolita, Thysa (2024) KAJIAN KEAMANAN PANGAN PADA PENYELENGGARAAN MAKAN SIANG DI SD MUHAMMADIYAH KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA BERDASARKAN PENERAPAN PRAKTIK LIMA KUNCI KEAMANAN PANGAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
Text (AWAL).pdf

Download (476kB)
[img] Text
Text (ABSTRACT).pdf

Download (121kB)
[img] Text
Text (CHAPTER 1).pdf

Download (194kB)
[img] Text
Text (CHAPTER 2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
Text (CHAPTER 3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
Text (CHAPTER 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
Text (CONCLUSION).pdf

Download (50kB)
[img] Text
Text (REFERENCES).pdf

Download (186kB)
[img] Text
Text (APPENDICES).pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
Official URL: https://www.poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Penyelenggaraan makanan di sekolah bertujuan untuk memberikan makanan yang sehat, bergizi, dan aman bagi siswa. Keamanan pangan perlu dijamin untuk mencegah terjadinya kontaminasi pangan di sekolah. Studi pendahuluan menunjukkan kekurangan dalam praktik keamanan pangan di katering sekolah dasar. Penelitian ini mengevaluasi penerapan lima kunci keamanan pangan menurut WHO di Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kecamatan Umbulharjo,Yogyakarta. Tujuan: Mengetahui penerapan Lima Kunci Keamanan Pangan pada Penyelenggaraan Makan Siang di SD Muhammadiyah Kecamatan Umbulharjo,Yogyakarta. Metode: Penelitian observational yang bersifat deskriptif dilakukan pada 10 tenaga penjamah makanan pada jasa katering makanan sekolah dasar di dua SD Muhammadiyah Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta untuk menilai penerapan praktik keamanan pangan. Data dikumpulkan menggunakan form kuisioner yang telah dirancang sebelumnya yang diadaptasi dari WHO yang mencangkup praktik Lima Kunci Keamanan Pangan. Hasil: Skor penerapan lima kunci keamanan pangan pada olahan soto ayam adalah 62,31% dengan capaian skor pada kunci satu 61,25%; kunci dua 45%; kunci tiga 75%; kunci empat 46%;kunci lima 90%. Sedangkan skor penerapan lima kunci keamanan pangan pada olahan tumis sosis ayam adalah 63,85% dengan capaian skor pada kunci satu 57,50%; kunci dua 45%; kunci tiga 75%; kunci empat 50%, kunci lima 88%. Kesimpulan: Kriteria keamanan pangan dari olahan produk daging ayam dan sosis ayam di dua SD Muhammadiyah di Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta berdasarkan rata-rata skor penerapan lima kunci keamanan pangan 63,08% adalah sedang. Kata Kunci: Keamanan Pangan, Praktik, Lima Kunci Keamanan Pangan, Daging Ayam, Sosis Ayam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:31
Last Modified: 14 Aug 2024 08:31
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/17193

Actions (login required)

View Item View Item