PENGARUH EDUKASI MEDIA E-BOOKLET GINGIBOOKS TERHADAP PENGETAHUAN GINGIVITIS PADA REMAJA

Prabadewanti, Anggi (2024) PENGARUH EDUKASI MEDIA E-BOOKLET GINGIBOOKS TERHADAP PENGETAHUAN GINGIVITIS PADA REMAJA. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Awal)
Awal.pdf

Download (733kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (358kB)
[img] Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf

Download (733kB)
[img] Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (Conclusion)
Conclusion.pdf

Download (93kB)
[img] Text (References)
References.pdf

Download (572kB)
[img] Text (Appendices)
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Tingkat prevalensi penyakit gingivitis di Indonesia cukup tinggi. Pemberian edukasi salah satunya media e-booklet. Hasil dari studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Demak 100% siswa belum pernah mendapatkan promosi kesehatan gigi dan belum mengetahui penyakit gingivitis. Tujuan: Diketahuinya pengaruh edukasi media e-booklet gingibooks terhadap pengetahuan tentang gingivitis pada remaja. Metode: Jenis penelitian quasi eksperimental dengan rancangan Non-equevalent control group, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah 82 responden. Sampel ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji mann-whiteney. Hasil: Tingkat pengetahuan awal kelompok eksperimen pada kriteria rendah (4,9%), sedang (70,7%) dan tinggi (24,4 %). Pengetahuan akhir dengan kriteria rendah (0%), sedang (2,4 %) dan tinggi (97,6%). Tingkat pengetahuan awal kelompok kontrol dengan kriteria rendah (9,8 %), sedang (75,6 %) dan tinggi 6 (14,6 %). Pengetahuan akhir dengan kriteria rendah (0 %), sedang (36,6 %) dan tinggi (63,4 %). Dari hasil penelitian terjadi peningkatan pengetahuan dari (70,7%), menjadi (97,6%). Rata-rata pengetahuan pada kelompok ekperimen sebesar 4,29 dan kelompok kontrol 2,56. Hasil Uji Mann-Whitney didapatkan nilai p= 0,000 < 0,05. Kesimpulan: Pengetahuan gingivitis kelompok eksperimen sebelum promosi kriteria sedang (70,7%) dan sesudah promosi pada kriteria tinggi sebanyak (97,6%). Adanya pengaruh yang bermakna dalam penggunaan media e-booklet terhadap peningkatan pengetahuan gingivitis pada remaja Kata Kunci: media e-booklet, pengetahuan, gingivitis, remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:17
Last Modified: 02 Aug 2024 01:17
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/17045

Actions (login required)

View Item View Item