PEMERIKSAAN AKTIVITAS ALT (ALANINE TRANSAMINASE) PADA SERUM PASIEN TUBERKULOSIS YANG DISIMPAN 4 JAM PADA SUHU RUANG

Aristyadewi, Ni Komang (2024) PEMERIKSAAN AKTIVITAS ALT (ALANINE TRANSAMINASE) PADA SERUM PASIEN TUBERKULOSIS YANG DISIMPAN 4 JAM PADA SUHU RUANG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (173kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (107kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
7. Conclusion.pdf

Download (37kB)
[img] Text
8. References.pdf

Download (121kB)
[img] Text
9. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Permenkes Nomor 43 Tahun 2013 menyatakan bahwa beberapa spesimen yang tidak langsung diperiksa dapat disimpan dengan memperhatikan jenis pemeriksaan yang akan diperiksa. Persyaratan penyimpanan beberapa spesimen untuk beberapa pemeriksaan laboratorium harus memperhatikan jenis spesimen, antikoagulan/pengawet dan wadah serta stabilitasnya. Fakta di lapangan tedapat permintaan pemeriksaan tambahan dari dokter yang terjadi di salah satu rumah sakit di Yogyakarta yang sering menerima permintaan pemeriksaan tambahan terhadap spesimen yang sudah ada. Permintaan penambahan pemeriksaan menggunakan sampel yang sudah ada di laboratorium dalam waktu yang lama dikhawatirkan terjadi perubahan kestabilan sampel dan dapat mempengaruhi keakuratan hasil sehingga diperlukan penyimpanan sampel dengan benar. Tujuan: Untuk mengetahui apakah sampel serum pasien tuberkulosis yang telah disimpan selama 4 jam pada suhu ruang dapat digunakan kembali untuk pemeriksaan Alanine Transaminase. Metode: Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-Post Test Design. Sampel yang digunakan berupa serum pasien tuberkulosis sebanyak 40 sampel terdiri dari pemeriksaan segera dan penyimpanan selama 4 jam pada suhu ruang. Data hasil pemeriksaan kemudian dianalisis secara statistik menggunakan pada SPSS 23.0 for Windows. Hasil: Hasil dari analisis statistik pada uji distribusi data pemeriksaan segera dan pemeriksaan setelah penyimpanan 4 jam menyatakan kedua tidak berdistribusi normal, uji beda menyatakan ada beda serta hasil mean different, lower dan upper menyatakan bahwa sampel tidak melebih nilai Total Error Allowable yang ditentukan oleh Clinical Laboratory Improvement Amandements 2024. Kesimpulan: Serum pasien tuberkulosis yang telah disimpan selama 4 jam pada suhu ruang dapat digunakan kembali untuk pemeriksaan tambahan parameter ALT. Kata Kunci: alanine transaminase, tuberkulosis, penyimpanan serum, suhu ruang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Teknologi Laboratorium Medis > Program Studi DIII Teknologi Laboratorium
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:18
Last Modified: 24 Jul 2024 03:18
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/16812

Actions (login required)

View Item View Item