Syafa, Luthfiani (2024) Pengaruh Edukasi dengan Flipbook “Taguh Nalam” Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Kesiapsiagaan Bencana Gunung Berapi pada Anggota PMR Wira di Sleman. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Awal)
Awal.pdf

Download (629kB)
[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (129kB)
[img] Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf

Download (225kB)
[img] Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (Conclusion)
Conclusion.pdf

Download (84kB)
[img] Text (References)
References.pdf

Download (91kB)
[img] Text (Appendices)
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Luthfiani Syafa_P07120220008)
Luthfiani Syafa_P07120220008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Kabupaten Sleman dihadapkan pada potensi bencana erupsi Gunung Merapi. Sekolah di Sleman, seperti SMAN 1 Ngaglik dan SMAN 1 Mlati, berada di zona rawan. PMR Wira memiliki peran penting dalam pendidikan kesiapsiagaan di sekolah dan sebagai pendidik sebaya. Untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana gunung berapi, penelitian ini mengusulkan inovasi media pembelajaran interaktif menggunakan flipbook. Flipbook dirancang sebagai media pembelajaran mitigasi bencana gunung berapi yang menarik dan efektif. Melalui media Flipbook “Taguh Nalam” diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan di kalangan pelajar. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi dengan Flipbook “Taguh Nalam” terhadap tingkat pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan bencana gunung berapi pada anggota PMR Wira di Sleman. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi-eksperiment menggunakan pendekatan nonequivalent control group design. Data dianalisis menggunakan Wilcoxon dan Mann-Whitney dengan taraf signifikan p < 0,05. Hasil: Ada perbedaan pengetahuan dan sikap antara pretest dan posttest baik pada media flipbook (p value = 0,000) maupun power point (p value = 0,006). Ada perbedaan yang bermakna dari edukasi dengan media Flipbook “Taguh Nalam” dibuktikkan dengan selisih rata-rata pengetahuan dan sikap antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol didapatkan p value = 0,000. Kesimpulan: Media Flipbook “Taguh Nalam” dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan bencana gunung berapi pada siswa anggota PMR Wira di Sleman khususnya SMAN 1 Mlati dan SMAN 1 Ngaglik. Kata Kunci: Bencana, Edukasi, Flipbook, Pengetahuan, PMR, Sikap

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:33
Last Modified: 24 Jun 2025 06:33
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/16073

Actions (login required)

View Item View Item