PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENTINGNYA MAKAN SAYUR DAN BUAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR

SARI. P, CHINDY DWITA (2024) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENTINGNYA MAKAN SAYUR DAN BUAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstract.pdf.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf.pdf

Download (535kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
Conclusion.pdf.pdf

Download (184kB)
[img] Text
References.pdf.pdf

Download (418kB)
[img] Text
Appendices.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
NASKAH SKRIPSI_CHINDY DWITA SARI. P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar belakang: Menurut Laporan Nasional Riskesdas 2018, proporsi penduduk Indonesia mengonsumsi buah/sayur <5 porsi, pada umur 10-14 tahun sebanyak 96,8%. Salah satu factor yang mempengaruhi rendahnya konsumsi sayur dan buah pada anak-anak adalah kurangnya pengetahuan tentang gizi. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video dan power point sebagai media edukasi gizi tentang pentingnya konsumsi sayur dan buah terhadap peningkatan pengetahuan. Metode: Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Januari - Maret 2024. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Nogotirto dan SDN Demakijo 01. Analisa data menggunakan uji Independent T-test dengan uji alternative Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil: Ada perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberikan edukasi menggunakan media video terhadap pengetahuan. Ada perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan media power point terhadap pengetahuan siswa. Tidak ada perbedaan yang signifikan dari pengetahuan gizi sebelum diberikan edukasi gizi. Ada perbedaan yang signifikan dari pengetahuan gizi sesudah diberikan edukasi gizi. Ada perbedaan hasil setelah edukasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menjadikan media video lebih efektif meningkatkan pengetahuan gizi tentang pentingnya makan sayur dan buah dibandingkan dengan media power point. Kesimpulan: Media video pentingnya makan sayur dan buah lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dibandingkan dengan power point. Kata kunci: video, power point, pengetahuan, sayur dan buah, anak sekolah dasar Kata kunci: video, power point, pengetahuan, sayur dan buah, anak sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:55
Last Modified: 29 Jul 2024 07:55
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/15965

Actions (login required)

View Item View Item