Harefa, Resty Puspita Sari (2023) PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PENGETAHUAN MALOKLUSI DAN MINAT ORTHODONTI PADA REMAJA. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
Awal.pdf

Download (790kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstract.pdf

Download (39kB)
[img] Text (BAB I)
Chapter 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB II)
Chapter 2.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB III)
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (Kesimpulan)
Conclusion.pdf

Download (39kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
References.pdf

Download (83kB)
[img] Text (Lampiran)
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (Full Text)
Resty Puspita Sari Harefa_P07125322017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan laporan hasil Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas) Nasional tahun 2018, maloklusi di Indonesia merupakan masalah kesehatan gigi dan mulut yang cukup tinggi terhitung sekitar 80% dari jumlah populasi. Promosi diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan maloklusi dan minat orthodonti salah satunya adalah melalui media sosial tiktok.Tujuan: Diketahuinya pengaruh promosi melalui media sosial tiktok terhadap pengetahuan maloklusi dan minat orthodonti pada remaja. Metode: Desain penelitian quasi eksperimental dengan rancangan Non Equevalent Control Group, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 64 responden dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan bulan Juli-Agustus 2023. Lokasi penelitian SMA Negeri 1 Godean. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji normalitas, Wilcoxon Signed Rank Test, Mann Whitney U Test. Hasil: Pengetahuan maloklusi kelompok eksperimen sebelum promosi 28,1% meningkat menjadi 96,9% kriteria baik. Pengetahuan maloklusi kelompok kontrol sebelum promosi 21,9% meningkat menjadi 71,9% kriteria baik. Minat orthodonti kelompok eksperimen sebelum promosi 3,1% meningkat menjadi 71,9% kriteria tinggi. Minat orthodonti kelompok kontrol sebelum promosi 12,5% meningkat menjadi 50% kriteria tinggi. Uji Wilcoxon Signed Rank Test pada variabel pengetahuan dan minat diperoleh nilai p=0,000<0,05. Kesimpulan: Promosi melalui media sosial tiktok berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan maloklusi dan minat orthodonti pada remaja. Kata Kunci: Promosi, Tiktok, Maloklusi, Orthodonti, Pengetahuan, Minat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:41
Last Modified: 08 Dec 2023 01:41
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/14994

Actions (login required)

View Item View Item