Harefa, Resty Puspita Sari (2023) PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PENGETAHUAN MALOKLUSI DAN MINAT ORTHODONTI PADA REMAJA. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
| Text (Cover) Awal.pdf Download (790kB) | 
| Text (Abstrak) Abstract.pdf Download (39kB) | 
| Text (BAB I) Chapter 1.pdf Download (136kB) | 
| Text (BAB II) Chapter 2.pdf Download (80kB) | 
| Text (BAB III) Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) Request a copy | 
| Text (BAB IV) Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) Request a copy | 
| Text (Kesimpulan) Conclusion.pdf Download (39kB) | 
| Text (Daftar Pustaka) References.pdf Download (83kB) | 
| Text (Lampiran) Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) Request a copy | 
| Text (Full Text) Resty Puspita Sari Harefa_P07125322017.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) Request a copy | 
Abstract
Latar Belakang: Berdasarkan laporan hasil Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas) Nasional tahun 2018, maloklusi di Indonesia merupakan masalah kesehatan gigi dan mulut yang cukup tinggi terhitung sekitar 80% dari jumlah populasi. Promosi diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan maloklusi dan minat orthodonti salah satunya adalah melalui media sosial tiktok.Tujuan: Diketahuinya pengaruh promosi melalui media sosial tiktok terhadap pengetahuan maloklusi dan minat orthodonti pada remaja. Metode: Desain penelitian quasi eksperimental dengan rancangan Non Equevalent Control Group, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 64 responden dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan bulan Juli-Agustus 2023. Lokasi penelitian SMA Negeri 1 Godean. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji normalitas, Wilcoxon Signed Rank Test, Mann Whitney U Test. Hasil: Pengetahuan maloklusi kelompok eksperimen sebelum promosi 28,1% meningkat menjadi 96,9% kriteria baik. Pengetahuan maloklusi kelompok kontrol sebelum promosi 21,9% meningkat menjadi 71,9% kriteria baik. Minat orthodonti kelompok eksperimen sebelum promosi 3,1% meningkat menjadi 71,9% kriteria tinggi. Minat orthodonti kelompok kontrol sebelum promosi 12,5% meningkat menjadi 50% kriteria tinggi. Uji Wilcoxon Signed Rank Test pada variabel pengetahuan dan minat diperoleh nilai p=0,000<0,05. Kesimpulan: Promosi melalui media sosial tiktok berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan maloklusi dan minat orthodonti pada remaja. Kata Kunci: Promosi, Tiktok, Maloklusi, Orthodonti, Pengetahuan, Minat
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RK Dentistry | 
| Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi | 
| Depositing User: | Users 30 not found. | 
| Date Deposited: | 08 Dec 2023 01:41 | 
| Last Modified: | 08 Dec 2023 01:41 | 
| URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/14994 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
