EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN METODE CERITA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK TK

Khairiyah, Taqiy (2023) EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN METODE CERITA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK TK. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
Awal.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstract.pdf.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB I)
Chapter 1.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB II)
Chapter 2.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB III)
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB IV)
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Conclusion.pdf

Download (122kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
References.pdf

Download (189kB)
[img] Text (Lampiran)
Appendices.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Proporsi perilaku keterampilan menyikat gigi anak dengan benar pada siswa kelas B TK ABA Ngabean 1 hanya sebesar 20%. Tindakan edukasi kesehatan gigi dan mulut dengan metode yang tepat bagi anak sejak dini sangat diperlukan agar terciptanya perubahan perilaku sehat serta anak berperan aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan gigi dan mulut yang optimal. Tujuan: Diketahuinya efektivitas penyuluhan menggunakan metode cerita boneka tangan terhadap keterampilan menyikat gigi pada anak TK. Metode: Penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan rancangan One Group pretest post-test. Populasi penelitian ini yaitu responden kelas B TK ABA Ngabean 1 dengan metode sampel jenuh. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Kriteria inklusi sampel yaitu bersedia menjadi responden, berusia 5-6 tahun, kooperatif saat penelitian berlangsung. Checklis yang diberikan yaitu tentang keterampilan memilih alat dan bahan menyikat gigi dan keterampilan cara menyikat gigi. Hasil Penelitian: Keterampilan memilih alat dan bahan menyikat gigi responden kelas B TK ABA Ngabean 1 sebelum dilakukan penyuluhan dengan kategori baik sebesar 63,8%, setelah dilakukan penyuluhan menggunakan metode cerita boneka tangan dengan kategori baik sebesar 100%. Keterampilan cara menyikat gigi responden kelas B TK ABA Ngabean 1 sebelum dilakukan penyuluhan dengan kategori baik sebesar 0%, setelah dilakukan penyuluhan menggunakan metode cerita boneka tangan dengan kategori baik sebesar 42,6%. Hasil uji Wilcoxon didapat probabilitas dibawah 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan penyuluhan menggunakan metode cerita boneka tangan terhadap keterampilan menyikat gigi pada anak TK. Kesimpulan: Penyuluhan menggunakan metode cerita boneka tangan efektif meningkatkan keterampilan menyikat gigi pada anak TK Kata Kunci : Penyuluhan, Boneka Tangan, Menyikat Gigi, Anak TK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 30 Oct 2023 09:21
Last Modified: 30 Oct 2023 09:21
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/14805

Actions (login required)

View Item View Item