GAMBARAN FAKTOR PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PADA PELAYANAN RAWAT INAP DI RSU AMANAH SUMPIUH BANYUMAS BULAN JULI-NOVEMBER 2022

Chasanah, Kholifatun Nur (2023) GAMBARAN FAKTOR PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PADA PELAYANAN RAWAT INAP DI RSU AMANAH SUMPIUH BANYUMAS BULAN JULI-NOVEMBER 2022. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
Awal.pdf

Download (657kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf

Download (444kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (283kB)
[img] Text
References.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2 KHOLIFATUN NUR CHASANAH P07137120002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar belakang: Proses pengajuan klaim pembayaran kesehatan kepada BPJS Kesehatan tidak selamanya berjalan lancar dan dapat terjadi pending klaim. Pending klaim adalah pengembalian berkas klaim oleh pihak BPJS Kesehatan ke pihak rumah sakit karena belum lengkap atau tidak sesuai sehingga perlu direvisi kembali. Di RSU Amanah Sumpiuh Banyumas untuk proses pengajuan klaim BPJS Kesehatan masih sering terjadi pending klaim dan kasusnya terbilang cukup banyak di Kabupaten Banyumas. Hal tersebut menimbulkan keterlambatan pembayaran pelayanan kesehatan ke pihak rumah sakit sehingga mutu pelayanan rumah sakit menjadi kurang optimal. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab pending klaim BPJS Kesehatan pada pelayanan rawat inap di RSU Amanah Sumpiuh Banyumas pada bulan Juli-Desember 2022. Metode: Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain cross sectional. Subjek pada penelitian ini adalah berupa berkas klaim BPJS Kesehatan pada pelayanan rawat inap pada bulan Juli-Desember 2022 yang mengalami pending yaitu sebesar 183 berkas klaim. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan distribusi faktor penyebab pending klaim BPJS Kesehatan yang dilihat dari aspek perincian tagihan rumah sakit (billing) sebanyak 56 berkas klaim (30,6%), aspek penunjang medis sebanyak 76 berkas klaim (41,5%) dan aspek kodefikasi penyakit dan tindakan sebanyak 100 berkas klaim (54,6%). Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa skala prioritas penyebab masalah pending klaim pertama yaitu ketidaktepatan kodefikasi penyakit dan tindakan, prioritas penyebab masalah pending klaim kedua yaitu ketidaklengkapan penunjang medis, dan prioritas penyebab masalah pending klaim ketiga yaitu ketidaklengkapan perincian tagihan rumah sakit (billing). Kata Kunci: Klaim, Pending, BPJS Kesehatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:15
Last Modified: 03 Sep 2024 14:40
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/14656

Actions (login required)

View Item View Item