PENGARUH PENGGUNAAN KARTU MATCH AND SMART SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PENTINGNYA KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Rahma, Masna Luthfia (2023) PENGARUH PENGGUNAAN KARTU MATCH AND SMART SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PENTINGNYA KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (AWAL)
1. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text (CHAPTER 1)
3. CHAPTER 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text (CHAPTER 2)
4. CHAPTER 2.pdf

Download (507kB)
[img] Text (CHAPTER 3)
5. CHAPTER 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (CHAPTER 4)
6. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (CONCLUSION)
7. CONCLUSION.pdf

Download (167kB)
[img] Text (REFENRENCES)
8. REFERENCES.pdf

Download (401kB)
[img] Text (APPENDICES)
9. APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
11. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Obesitas merupakan keadaan yang terjadi akibat penumpukan lemak berlebih pada tubuh sehingga berat badan jauh di atas normal. Obesitas dapat terjadi karena rendahnya asupan serat, seperti buah dan sayur yang menjadi sumber serat. Namun, konsumsi sayuran dan buah penduduk Indonesia secara nasional masih berada di bawah anjuran, khususnya pada anak usia sekolah yang persentasenya mencapai 96%. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang gizi. Di sisi lain, pendidikan gizi yang dilakukan pada anak usia sekolah lebih efektif untuk mengubah pengetahuan dan perilakunya terhadap makanan dibandingkan dengan orang dewasa. Maka dari itu, untuk menunjang keberhasilan dan memudahkan penyampaian dalam edukasi, diperlukan media yang menarik dan menyenangkan bagi anak sekolah dasar salah satunya media kartu. Tujuan: Menganalisis pengaruh penggunaan kartu match and smart terhadap peningkatan pengetahuan tentang pentingnya konsumsi buah dan sayur pada siswa sekolah dasar. Metode: Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian two-group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Domban III pada tanggal 9-10 Maret 2023. Subjek berjumlah 27 anak dari kelompok kontrol dan 30 anak dari kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney U pada program SPSS. Hasil: Ada perbedaan pengetahuan yang signifikan sebelum dan setelah diberikan penyuluhan pada kelompok kontrol (p=0,001) dan pada kelompok eksperiman (p=0,000). Hasil uji beda efektivitas antar kelompok setelah diberi edukasi menunjukkan nilai p=0,003. Kesimpulan: Edukasi dengan media kartu match and smart lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya konsumsi buah dan sayur dibandingkan dengan penyuluhan dengan media leaflet. Kata kunci: Media kartu, leaflet, pengetahuan, konsumsi buah dan sayur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 20 May 2024 05:16
Last Modified: 20 May 2024 05:16
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item View Item