GAMBARAN PENGETAHUAN TENTANG MENYIKAT GIGI DAN KALKULUS INDEKS PADA SISWA SD NEGERI 020 TENGGARONG KALIMANTAN TIMUR

Arbiani Sukmadewi, Arbi (2019) GAMBARAN PENGETAHUAN TENTANG MENYIKAT GIGI DAN KALKULUS INDEKS PADA SISWA SD NEGERI 020 TENGGARONG KALIMANTAN TIMUR. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.

Full text not available from this repository.

Abstract

DESCRIPTION OF KNOWLEDGE ABOUT BRUSHING TEETH AND INDEX CALCULUS IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS 020 TENGGARONG EAST KALIMANTAN Arbiani Sukmadewi1, Siti Sulastri², Sutrisno3 1)Prodi D-III Departement of Dental Nursing Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2,3) Departement of Dental Nursing Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jln. Kyai Mojo 56, Pingit, Yogyakarta Email : arbianisukmadewi02@gmail.com ABSTRACT Background : The results of the 2018 Riskesdas noted that the proportion of dental and oral problems was 57.6% and those who received services from dental medical personnel were 10.2%. The proportion of teeth brushing behavior is 2.8%. Objective of the study : Know the description of knowledge about brushing teeth and calculus index in elementary school students. Research Methods : This research is a descriptive survey method, cross sectional design, the population is students of 020 Tenggarong East Kalimantan Elementary School totaling 310 students, with a sample of 45 students in grades V A and V B, saturated sampling techniques. The aspects studied consisted of knowledge about brushing teeth and index calculus with an ordinal scale assessment. Research Results : Most knowledge about brushing teeth is in the moderate criteria as many as 37 respondents (82.2%) and Index Calculus are mostly in the criteria of good (48.9%). Conclusion : An overview of knowledge about brushing teeth and Index Calculus in Students of the East Kalimantan 020 Tenggarong Elementary School, most of which were in the moderate criteria 37 respondents (82.2%) and Index Calculus were mostly in the criteria of good (48.9%). Keywords : Knowledge about Brushing Teeth, Calculus Index, Elementary School Students GAMBARAN PENGETAHUAN TENTANG MENYIKAT GIGI DAN KALKULUS INDEKS PADA SISWA SD NEGERI 020 TENGGARONG KALIMANTAN TIMUR Arbiani Sukmadewi1, Siti Sulastri², Sutrisno3 1)Prodi D-III Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2,3) Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jln. Kyai Mojo 56, Pingit, Yogyakarta Email : arbianisukmadewi02@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang : Hasil Riskesdas 2018 mencatat proporsi masalah gigi dan mulut sebesar 57,6% dan yang mendapatkan pelayanan dari tenaga medis gigi sebesar 10,2%. Adapun proporsi perilaku menyikat gigi dengan benar sebesar 2,8%. Tujuan penelitian : Mengetahui gambaran pengetahuan tentang menyikat gigi dan kalkulus indeks pada siswa sekolah dasar. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan metode survey deskriptif, desain cross sectional, populasi adalah siswa SD Negeri 020 Tenggarong Kalimantan Timur berjumlah 310 siswa, dengan jumlah sampel 45 siswa kelas V A dan V B, teknik pengambilan sampel jenuh. Aspek yang diteliti terdiri dari pengetahuan tentang menyikat gigi dan kalkulus indeks dengan penilaian skala ordinal. Hasil Penelitian : Pengetahuan tentang menyikat gigi sebagian besar berada pada kriteria sedang sebanyak 37 responden (82,2%) dan Kalkulus Indeks sebagian besar berada pada kriteria baik (48,9%). Kesimpulan : Gambaran pengetahuan tentang menyikat gigi dan Kalkulus Indeks pada Siswa SD Negeri 020 Tenggarong Kalimantan Timur yaitu sebagian besar berada pada kriteria sedang sebanyak 37 responden (82,2%) dan Kalkulus Indeks sebagian besar berada pada kriteria baik (48,9%). Kata Kunci : Pengetahuan tentang Menyikat Gigi, Kalkulus Indeks, Siswa SD

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: > Jurusan
Depositing User: analis
Date Deposited: 21 May 2019 13:29
Last Modified: 21 May 2019 13:29
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/1016

Actions (login required)

View Item View Item