PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TENTANG AKDR TERHADAP PENGETAHUAN PUS DI PUSKESMAS BUTUH PURWOREJO TAHUN 2022

Mubarokah, Istinganatun (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TENTANG AKDR TERHADAP PENGETAHUAN PUS DI PUSKESMAS BUTUH PURWOREJO TAHUN 2022. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
Awal.pdf

Download (386kB)
[img] Text
Abstract..pdf

Download (91kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (127kB)
[img] Text
References.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TENTANG AKDR TERHADAP PENGETAHUAN PUS DI PUSKESMAS BUTUH PURWOREJO TAHUN 2022 Istinganatun Mubarokah1, Yamtana2, Munica Rita Hernayanti3 Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl. Tatabumi No.3 Banyuraden, Gamping, Sleman Email: istiibnu@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang: Alat kontrasepsi jangka panjang yang mempunyai efektifitas cukup tinggi dan merupakan alat kontrasepsi non hormonal diantaranya adalah AKDR. Penyebab rendahnya PUS memilih AKDR saat safari di wilayah Puskesmas Butuh karena malu saat pemasangan AKDR dan takut karena kurangnya pemahaman tentang AKDR. Bidan memiliki peranan penting dalam mengubah pandangan masyarakat tentang AKDR, salah satu caranya yaitu dengan memberikan pendidikan kesehatan menggunakan video. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media video tentang AKDR terhadap pengetahuan PUS di Puskesmas Butuh Purworejo Tahun 2022. Metode Penelitian: Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan non equivalent control group (pretest-posttest with control group). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 30 responden. Analisis data menggunakan paired t-test. Hasil Penelitian: Hasil analisis statistik menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan antara sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan pada kelompok eksperimen (p-value=0,000) dan kelompok kontrol (p-value=0,000). Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan menggunakan media video lebih efektif dari ceramah untuk meningkatkan pegetahuan (p-value=0,000). Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media video tentang AKDR terhadap peningkatan pengetahuan pada PUS di wilayah Puskesmas Butuh Kabupaten Purworejo tahun 2022. Kata kunci: pendidikan kesehatan, video, pengetahuan

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:29
Last Modified: 15 Sep 2022 04:29
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/9913

Actions (login required)

View Item View Item