Via Nurul Lita, Kalis (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING KELAS IBU HAMIL TERHADAP TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS CANGKRINGAN. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
1. Awal.pdf Download (304kB) |
|
Text
2. Abstrak.PDF Download (183kB) |
|
Text
3. Chapter 1.pdf Download (175kB) |
|
Text
4. Chapter 2.pdf Download (305kB) |
|
Text
5. Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
6. Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
7. Conclusion.pdf Download (150kB) |
|
Text
8. References.pdf Download (165kB) |
|
Text
9. Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
Abstract
Latar Belakang: Kecemasan merupakan suatu perasaan khawatir berlebihan dan objeknya tidak jelas, menimbulkan gejala emosional, kognitif, tingkah laku dan fisik terhadap stimulasi internal maupun eksternal. Salah satu peran masyarakat yang dapat dilakukan dalam upaya peningkatan kesehatan adalah penyelenggaraan kelas ibu hamil.Pada era pandemic covid 19 tahun 2021 kelas ibu hamil akan didesain dengan pembelajatan daring karena pelaksanaan kelas hamil. Tujuan: Mengetahui pengaruh pembelajaran daring kelas ibu hamil terhadap tingkat kecemasan ibu hamil di era pandemic covid 19 di Puskesmas Cangkringan tahun 2021. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimen. Rancangan penelitian menggunakan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan pretest posttest with control group design. Populasi dalam penelitian adalah ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Cangkringan tahun 2021. Sampel penelitian sejumlah 40 pada kelompok eksperimen dan 40 pada kelompok kontrol. Variabel dalam penelitian adalah pembelajaran daring kelas ibu hamil, kecemasan ibu hamil, usia, tingkat pendidikan, dan pekerjaan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil secara daring menggunakan google form. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired t test. Hasil: Skor pretest kecemasan kedua kelompok hampir sama atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p value=0,013). Sementara untuk skor post test pada kedua kelompok eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan yang signifikan (p value=0,000). Secara statistic bila dilihat perbedaan rata-rata sebesar (-0,06) atau p=0,000 yaitu kurang dari 0,05. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pembelajaran daring kelas ibu hamil terhadap tingkat kecemasan ibu hamil di era pandemi Covid 19. Kata Kunci: ibu hamil, eksperimen, kelas ibu hamil
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 03:25 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 03:25 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/9645 |
Actions (login required)
View Item |