Wulandari, Latifah Dwi Retno (2022) Pengaruh Video Edukasi Regulasi Emosi Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Akhir Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
Awalan.pdf Download (648kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (40kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (83kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (83kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
NASPUB CARING.pdf Download (371kB) |
Abstract
PENGARUH VIDEO EDUKASI REGULASI EMOSI TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA AKHIR POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA Latifah Dwi Retno Wulandari1, Tri Prabowo2, Maryana3 1,2,3 Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl. Tatabumi No.3 Banyuraden, Gamping, Sleman Email : latifahretnadr@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang : Mahasiswa dituntun berprestasi semaksimal mungkin karena bagian dari ukuran keberhasilan mahasiswa.Tuntutan akademik yang signifikan, praktik lapangan, tugas perkulihan yang banyak, dan skripsi membuat stressor tersendiri bagi mahasiswa tingkat akhir, hal tersebut membuat mahasiswa akhir mengalami tingkat stres yang tinggi, jika tidak segera diatasi mengakibatkan keterlambatan kelulusan. Stres mempengaruhi tingkat kestabilan emosi, sehingga tidak dapat mengambil keputusan dengan tepat, maka penting memiliki regulasi emosi. Tujuan Penelitian : Diketahui pengaruh video edukasi regulasi emosi terhadap tingkat stres mahasiswa akhir Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan prepost test with control group design. Sampel penelitian berjumlah 60 responden yang masing-masing kelompok ada 30 responden. Kelompok eksperimen diberikan intervensi menggunakan media video edukasi regulasi emosi dan kelompok kontrol diberikan intervensi edukasi regulasi emosi menggunakan power point. Pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Uji yang digunakan yaitu uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil Penelitian : Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan hasil ada pengaruh yang signifikan dengan p = 0,000 ( p < 0,05) dan hasil analisa dengan uji Mann Whitney ada perbedaan yang bermakna dengan p = 0,000 (p < 0,05) Kesimpulan : Ada pengaruh video edukasi regulasi emosi terhadap tingkat stres mahasiswa akhir Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kata Kunci : Video Edukasi, Regulasi emosi, Tingkat Stres, Mahasiswa Akhir
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 27 May 2022 04:41 |
Last Modified: | 27 May 2022 04:42 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/8193 |
Actions (login required)
View Item |