PENGARUH PENYULUHAN GIZI SEIMBANG DENGAN MEDIA PIRING MAKANKU TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR

Astrid Herlinda Puspitasari (2018) PENGARUH PENYULUHAN GIZI SEIMBANG DENGAN MEDIA PIRING MAKANKU TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Awal.pdf

Download (765kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (115kB)
[img] Text
2. Chapter1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. Chapter2.pdf

Download (259kB)
[img] Text
4. Chapter3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
5. Chapter4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
6. Conclusion.pdf

Download (9kB)
[img] Text
7. References.pdf

Download (78kB)
[img] Text
8. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : meskipun sudah ada media pendidikan gizi yang baik, namun seiring dengan berkembangnya arus teknologi dan komunikasi, maka perlu inovasi pendidikan. Salah satu inovasi pendidikan tersebut adalah dengan menciptakan media baru dalam pendidikan kesehatan dan gizi. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah permainan piring makanku. Tujuan Penelitian : mengetahui pengaruh penyuluhan gizi seimbang dengan media piring makanku terhadap pengetahuan siswa SD. Metode Penelitian : jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan design pre-post test with control group. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018 dengan populasi semua siswa SDN Gamol dan SDN Mejing 1. Lokasi penelitian dipilih secara purposive sampling. Kemudian dari beberapa lokasi yang memenuhi kriteria dipilih secara simple random sampling, sehingga terpilih SDN Gamol sebagai kelompok perlakuan dan SDN Mejing 1 sebagai kelompok pembanding. Sampel penelitian ini dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, sehingga terpilih siswa kelas IV dan V. Sampel minimal dalam penelitian ini adalah 48 siswa. Analisis data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, independent sample test, dan paired sample t-test dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil Penelitian : secara statistik ada pengaruh penyuluhan gizi seimbang dengan media piring makanku (p=0,0001) dan lembar balik (p=0,0001). Terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan sebelum penyuluhan pada kelompok perlakuan dan pembanding (p=0,019). Namun, tidak terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan setelah penyuluhan pada kelompok perlakuan dan pembanding (p=0,983). Peningkatan pengetahuan pada kelompok perlakuan lebih tinggi dibandingkan kelompok pembanding. Kesimpulan : penyuluhan dengan media piring makanku berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang, serta peningkatan pengetahuan kelompok perlakuan lebih baik dibandingkan kelompok pembanding. Kata Kunci : media, piring makanku, pengetahuan, gizi seimbang.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: editor ed
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:17
Last Modified: 08 Nov 2021 01:23
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/7257

Actions (login required)

View Item View Item