EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PETAK PGS DIBANDINGKAN POSTER PADA PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA SEKOLAH DASAR

Septi, Trianasari and Herawati, Herawati and I Made, Alit Gunawan and Rina, Oktasari (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PETAK PGS DIBANDINGKAN POSTER PADA PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (704kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
Conclusion.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
References.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
Appendices.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang : Anak sekolah saat ini menghadapi masalah gizi ganda, yaitu gizi kurang dan gizi lebih. Secara nasional, anak sekolah dengan prevalensi kurus ada 11,2%, prevalensi pendek ada 30,7%, dan prevalensi gemuk sebesar 18,8%. Sehingga makanan sehari-hari perlu mengacu pada pedoman gizi seimbang. Tujuan : Mengetahui efektifitas penggunaan media papan petak PGS (Pedoman Gizi Seimbang) dibandingkan media poster terhadap pengetahuan gizi seimbang siswa SD. Metode : Penelitian experimental dengan desain penelitian pre test dan post test pada kelompok kontrol dan perlakuan. Untuk menguji hipotesis digunakan uji paired sample test dan independent samples T-test. Hasil : Ada peningkatan pengetahuan gizi seimbang signifikan sebesar 25,4 pada siswa SD sebelum dan sesudah diberikan papan petak PGS. Pada pre test ada 6 siswa (23,1%) kategori baik meningkat menjadi 21 siswa (80,8%) pada post test. Ada peningkatan pengetahuan gizi seimbang signifikan sebesar 18,5 pada siswa SD sebelum dan sesudah diberikan poster. Pada pre test ada 3 siswa (11,6%) memiliki tingkat pengetahuan baik meningkat menjadi 14 siswa (53,9%) pada post test. Ada kenaikan signifikan media papan petak PGS dan media poster terhadap pengetahuan gizi seimbang pada siswa SD sebesar 6,9. Kesimpulan : Media papan petak PGS lebih efektiv meningkatkan pengetahuan gizi seimbang pada siswa SD dari pada poster. Kata Kunci: Papan Petak PGS, Poster, Pengetahuan, PGS

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: d4gizi
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:20
Last Modified: 02 Aug 2018 07:20
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item