Septi, Trianasari and Herawati, Herawati and I Made, Alit Gunawan and Rina, Oktasari (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PETAK PGS DIBANDINGKAN POSTER PADA PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA SEKOLAH DASAR. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
Awal.pdf Download (704kB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (152kB) |
|
Text
Chapter 1.pdf Download (294kB) |
|
Text
Chapter 2.pdf Download (384kB) |
|
Text
Chapter 3.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (415kB) |
|
Text
Chapter 4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
Text
Conclusion.pdf - Accepted Version Download (146kB) |
|
Text
References.pdf - Accepted Version Download (156kB) |
|
Text
Appendices.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang : Anak sekolah saat ini menghadapi masalah gizi ganda, yaitu gizi kurang dan gizi lebih. Secara nasional, anak sekolah dengan prevalensi kurus ada 11,2%, prevalensi pendek ada 30,7%, dan prevalensi gemuk sebesar 18,8%. Sehingga makanan sehari-hari perlu mengacu pada pedoman gizi seimbang. Tujuan : Mengetahui efektifitas penggunaan media papan petak PGS (Pedoman Gizi Seimbang) dibandingkan media poster terhadap pengetahuan gizi seimbang siswa SD. Metode : Penelitian experimental dengan desain penelitian pre test dan post test pada kelompok kontrol dan perlakuan. Untuk menguji hipotesis digunakan uji paired sample test dan independent samples T-test. Hasil : Ada peningkatan pengetahuan gizi seimbang signifikan sebesar 25,4 pada siswa SD sebelum dan sesudah diberikan papan petak PGS. Pada pre test ada 6 siswa (23,1%) kategori baik meningkat menjadi 21 siswa (80,8%) pada post test. Ada peningkatan pengetahuan gizi seimbang signifikan sebesar 18,5 pada siswa SD sebelum dan sesudah diberikan poster. Pada pre test ada 3 siswa (11,6%) memiliki tingkat pengetahuan baik meningkat menjadi 14 siswa (53,9%) pada post test. Ada kenaikan signifikan media papan petak PGS dan media poster terhadap pengetahuan gizi seimbang pada siswa SD sebesar 6,9. Kesimpulan : Media papan petak PGS lebih efektiv meningkatkan pengetahuan gizi seimbang pada siswa SD dari pada poster. Kata Kunci: Papan Petak PGS, Poster, Pengetahuan, PGS
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika |
Depositing User: | d4gizi |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 07:20 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 03:59 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/549 |
Actions (login required)
View Item |