Hubungan Kecepatan Kendaraan dengan Kadar Emisi Gas Karbon Monoksida (CO) dan Nitrogen Dioksida (NO2) pada Sepeda Motor 4 Tak Merk “X” di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

SUCI WULAN YANUARTI (2011) Hubungan Kecepatan Kendaraan dengan Kadar Emisi Gas Karbon Monoksida (CO) dan Nitrogen Dioksida (NO2) pada Sepeda Motor 4 Tak Merk “X” di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogykarta.

[img] Text
KTI BAB 1 & 2.docx

Download (79kB)
[img] Text
KTI BAB 3.docx
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
KTI BAB 4.docx
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
KTI BAB 5 & PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
KTI INTISARI & ABSTRACT.docx

Download (19kB)
[img] Text
KTI Lampiran 2.doc
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://poltkkesjogja.ac.id

Abstract

Kebutuhan dan aktifitas manusia yang semakin bertambah mempengaruhi perkembangan sarana transportasi, agar dapat meminimalisir waktu diperlukan variasi kendaraan. Dampak dari perkembangan berbagai modifikasi kendaraan yang dapat menimbulkan dampak negatif pada kualitas udara bersih. Kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber pencemar udara, parameter pencemar yang dihasilkan oleh proses pembakaran sepeda motor dan dapat membahayakan kesehatan manusia adalah CO, NO2, HC, Pb, dll. Gas Karbonmonoksida (CO) merupakan gas berbahaya yang dihasilkan proses pembakaran dengan panas tinggi pada sepeda motor yang dibuang ke udara ambient. Sama halnya dengan gas NO2 yang merupakan golongan gas Nitrogen Oksida (NOx), NO2 dihasilkan dari proses reaksi NO dan Oksigen sehingga menyebabkan terbentuknya NO2 yang berbahaya. Tingkat kandungan bahan pencemar emisi tersebut diduga ada hubungan dengan kecepatan kendaraan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dan perbedaan kecepatan kendaraan dengan kadar emisi gas Karbon Monoksida (CO) dan Nitrogen Dioksida (NO2) pada sepeda motor 4 Tak Merk “X” Metode yang digunakan Observasi atau survey dengan pendekatan jenis studi cross sectional yang pada pengukurannya mengumpulkan variabel terikat dan variabel bebas secara bersama-sama atau sekaligus dengan obyek penelitian sepeda motor 4 Tak Merk “X” dengan Kapasitas Mesin 125 cc, perawatan terakhir dillakukan sekurangnya 3 bulan terakhir. Variabel bebasnya adalah kecepatan kendaraan dan variable terikat yaitu kadar CO dan NO2. Penelitian dilakukan pengulangan pada tiap kecepatan sebanyak lima kali dan metode pengumpulan data diuji dengan Uji hubungan dengan Korelasi Spearman dan uji Beda menggunakan uji Kruskal Wallis dan Uji Mann-Whitney. Hasil dan Kesimpulan adalah Ada Hubungan kecepatan kendaraan dengan kadar emisi gas buang CO (p= 0,000 < α 0,05) dan NO2 (p=0,000 α 0,05). Ada perbedaan kecepatan kendaraan 0, 10, 20, 30, 40, 50 ,60 km/jam dengan kadar emisi gas CO (p=0,001 < α 0,05) dan emisi gas buang NO2 (p=0,000 < α 0,05). Kata Kunci : Kecepatan Kendaraan, Emisi gas CO, emisi gas NO2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Depositing User: editor ed
Date Deposited: 02 Oct 2020 04:12
Last Modified: 02 Oct 2020 04:12
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/4334

Actions (login required)

View Item View Item