GAMBARAN KEMAMPUAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AMONG SIWI SLEMAN

RENI ISTURDIYANA (2019) GAMBARAN KEMAMPUAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AMONG SIWI SLEMAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (650kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (88kB)
[img] Text
References.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Appendices 1-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
Appendices 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
Appendices 9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Tahap perkembangan menurut Erikson usia prasekolah yaitu, inisiatif vs rasa bersalah (initiative vs guilt). Inisiatif berkembang dengan teman sekelilingnya. Perasaan bersalah akan timbul pada anak jika anak tidak mampu berprestasi. Dampak permasalahan dari penyimpangan psikososial anak prasekolah adalah perilaku anak yang tidak adaptif, menganggu, bersifat labil yang menunjukkan ketidakmampuan penyesuaian diri. Tujuan penelitian: Mengetahui gambaran kemampuan perkembangann psikososial anak prasekolah di TK Among Siwi Metode Penelitian: Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan pada tahun 2019. Lokasi penelitian di TK Among Siwi. Object penelitian adalah anak prasekolah dengan responden orangtua sejumlah 56 sampel. Teknik pengambilan sample penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian dilakukan dengan kuisioner berisi pertanyaan mengenai kemampuan perkembangan psikososial. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Hasil: Hasil perkembangan anak prasekolah tahap inisiatif prosentasinya tinggi, namun ada yang memiliki nilai prosentase rendah Kesimpulan: Kemampuan psikososial anak prasekolah memiliki nilai tinggi dan sedang sama, namun masih ada nilai prosentasenya rendah. Kata kunci: anak prasekolah, inisiatif vs rasa bersalah, psikososial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: editor ed
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:49
Last Modified: 04 Sep 2020 03:49
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/3558

Actions (login required)

View Item View Item