PENGARUH PROMOSI MENYIKAT GIGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Rafiqi, Aufa (2024) PENGARUH PROMOSI MENYIKAT GIGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
Awal.pdf

Download (477kB)
[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (140kB)
[img] Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf

Download (181kB)
[img] Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (Conclusion)
Conclusion.pdf

Download (113kB)
[img] Text (Reference)
Reference.pdf

Download (119kB)
[img] Text (Appendices)
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Menyikat gigi merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi dari plak dan sisa makanan. Kesehatan gigi dan mulut perlu diperhatikan sejak dini agar terhindar dari masalah yang menyebabkan gangguan atau ketidaknyamanan pada pada gigi dan mulut. Promosi menggunakan media flashcard dapat mudah diingat, karena gambar yang dilengkapi teks memudahkan peserta didik mengingat pesan yang diterima. Tujuan Penelitian : Diketahuinya pengaruh promosi menyikat gigi menggunakan media flashcard terhadap tingkat pengetahuan menyikat gigi pada anak sekolah dasar. Metode Penelitian : Jenis penelitian adalah penelitian quasi experiment atau eksperimen semu dengan jumlah populasi 46 siswa, 23 orang dimasukkan ke dalam intervensi yaitu kelompok yang diberikan promosi menggunakan media flashcard dan 23 siswa lainnya sebagai kelompok kontrol yaitu kelompok yang diberikan promosi menggunakan metode ceramah. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Uji Mann-Whitney. Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut sebelum promosi yaitu kriteria kurang sebanyak 56,5%, cukup sebanyak 43,5%, dan baik sebanyak 0%. Setelah promosi dilakukan didapatkan kriteria baik sebanyak 91,3%, cukup sebanyak 8,7%, dan kurang sebanyak 0%. Hasil Uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan hasil signifikan 0,000<0,005. Hasil Uji beda Mann Whitney menunjukkan hasil selisih pada kelompok eksperimen lebih tinggi dengan nilai rata – rata 23,00 dan kelompok kontrol 21,66. Kesimpulan : Promosi menyikat gigi menggunakan media flashcrd berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak sekolah dasar. Kata Kunci : Promosi, Tingkat Pengetahuan, Anak Sekolah Dasar, Flashcard.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:34
Last Modified: 14 Aug 2024 08:34
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/17164

Actions (login required)

View Item View Item