GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT AT-TUROTS AL-ISLAMY KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2024

Ningrum, Vania Elysia Sita (2024) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT AT-TUROTS AL-ISLAMY KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Awal)
Awal.pdf

Download (709kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (255kB)
[img] Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf

Download (202kB)
[img] Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf

Download (207kB)
[img] Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf

Download (273kB)
[img] Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf

Download (428kB)
[img] Text (Conclusion)
Conclusion.pdf

Download (128kB)
[img] Text (Referensi)
Reference.pdf

Download (167kB)
[img] Text (Appendices)
Appendices.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Permasalahan yang sering dikeluhkan pasien BPJS adalah seringkali tidak mendapatkan kualitas pelayanan kesehatan yang maksimal. Kualitas pelayanan akan mempengaruhi kepuasan pasien. Tempat pendaftaran rawat jalan merupakan gerbang utama pelayanan kesehatan di rumah sakit. Hasil studi pendahuluan di Rumah Sakit At-Turots Al-Islamy didapatkan 40% pasien BPJS kurang puas dengan pelayanan pendaftaran rawat jalan. Tujuan: Diketahui tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit At-Turots Al-Islamy tahun 2024. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pasien BPJS yang melakukan pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit At-Turots Al-Islamy dan pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden. Hasil: Tingkat kepuasan pasien BPJS pada pelayanan pendaftaran rawat jalan menyatakan puas pada dimensi kehandalan sebesar 73%, dimensi ketanggapan sebesar 68%, dimensi jaminan sebesar 76%, dimensi empati sebesar 72%, dan dimensi bukti langsung sebesar 77%. Tingkat kepuasan pasien BPJS secara keseluruhan menyatakan puas sebesar 75% dan tidak ada perbedaan tingkat kepuasan ditinjau dari karakteristik responden. Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien BPJS pada pelayanan pendaftaran rawat jalan secara keseluruhan adalah puas. Tidak ada perbedaan tingkat kepuasan ditinjau dari karakteristik responden yang dianalisis menggunakan metode deskriptif. Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Pasien BPJS, Pendaftaran Rawat Jalan, Rumah Sakit At-Turots Al-Islamy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:25
Last Modified: 25 Oct 2024 06:25
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/16423

Actions (login required)

View Item View Item