Rahmadani, Nadia Amita (2024) PENGARUH PENYULUHAN GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PENYANDANG TUNANETRA. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (AwaI)
AwaI.pdf Download (508kB) |
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Download (37kB) |
|
Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf Download (395kB) |
|
Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (ConcIusion)
ConsIusion.pdf Download (34kB) |
|
Text (References)
References.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (Appendices)
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah PubIikasi)
Naskah PubIikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Permasalahan gizi pada anak tunanetra terjadi peningkatan resiko obesitas dibandingkan dengan anak usia sebaya tanpa kondisi kronis. Rendahnya pengetahuan dan sikap menjadi penyebab permasalahan gizi pada anak tunanetra. Maka diperlukan penyuluhan gizi seimbang kepada anak tunanetra dengan media yang sesuai dengan karakteristik tunanetra. Tujuan: Mengetahui pengaruh penyuluhan gizi seimbang menggunakan media audio terhadap pengetahuan dan sikap penyandang tunanetra. Metode: Penelitian ini merupakan pra eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa yang berusia 10-24 tahun di SLBA Yaketunis dan SLBN 1 Bantul yang dipilih sesuai kriteria inklusi, dengan jumlah total sebanyak 24 siswa. Pengetahuan dan sikap diukur melalui pengisian kuesioner sebelum dan setelah intervensi penyuluhan gizi seimbang. Hasil: Rata-rata skor pengetahuan gizi seimbang siswa SD tunanetra sebelum pemberian media audio sebsar 72,2 dan meningkat menjadi 83,3, pada siswa SMP tunanetra sebesar 73,3 dan meningkat menjadi 84,2, dan pada siswa SMA tunanetra sebesar 73,0 dan meningkat menjadi 83,5. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media audio gizi seimbang terhadap pengetahuan (p=0,007 (SD), p=0,026 (SMP), dan p=0,005 (SMA)). Rata-rata skor sikap gizi seimbang siswa SD tunanetra sebelum pemberian media audio sebesar 55,7 dan meningkat menjadi 68,3, pada siswa SMP tunanetra sebesar 58,5 dan meningkat menjadi 66,8, dan pada siswa SMA tunanetra sebesar 58,6 dan meningkat menjadi 66,9. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media audio gizi seimbang terhadap sikap (p=0,008 (SD), p=0,028 (SMP), dan p=0,007 (SMA)). Kesimpulan: Ada pengaruh penyuluhan gizi seimbang menggunakan media audio terhadap pengetahuan dan sikap penyandang tunanetra. Kata Kunci: Gizi seimbang, penyuluhan, media audio, tunanetra
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:04 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:37 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/15973 |
Actions (login required)
View Item |