PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN KEHILANGAN GIGI DAN MOTIVASI PENGGUNAAN GIGI TIRUAN PADA PRA LANSIA

Kurnia, Dwi Lestari (2023) PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN KEHILANGAN GIGI DAN MOTIVASI PENGGUNAAN GIGI TIRUAN PADA PRA LANSIA. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
1. Awal.pdf

Download (471kB)
[img] Text (Abstrak)
2. Abstract.pdf.pdf

Download (78kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
3. Chapter 1.pdf.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB II Tinjauan Pustaka)
4. Chapter 2.pdf.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB III Metode Penelitian)
5. Chapter 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB IV Hasil dan Pembahasan)
6. Chapter 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
7. Conclusion.pdf

Download (14kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
8. References.pdf

Download (191kB)
[img] Text (Lampiran)
9. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (File Skripsi Lengkap)
Kurnia Dwi Lestari_P07125219012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Data hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 memperlihatkan bahwa pada rentang usia 45-54 tahun sebanyak 23,6 % masyarakat Indonesia mengalami kehilangan gigi karena dicabut dan tanggal, dan data jenis tindakan yang diterima untuk mengatasi masalah gigi dan mulut menunjukkan bahwa pada rentang usia 45-54 tahun hanya 2,5 % yang telah melakukan pemasangan gigi tiruan. Kecilnya prevalensi penggunaan gigi tiruan salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kehilangan gigi dan manfaat penggunaan gigi tiruan. Perlu adanya penyuluhan kesehatan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang kehilangan gigi, salah satunya menggunakan media flipchart. Tujuan Penelitian : Diketahuinya pengaruh penyuluhan menggunakan flipchart terhadap pengetahuan kehilangan gigi dan motivasi penggunaan gigi tiruan pada pra lansia. Metode : Desain penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan Non Equivalent Control Group. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 68 responden, analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan uji Mann Whitney. Hasil : Hasil uji wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan motivasi sebelum dan sesudah dilakukannya penyuluhan menggunakan flipchart yaitu pengetahuan kehilangan gigi dari kriteria cukup 50% menjadi 94,1% kategori baik dan peningkatan motivasi penggunaan gigi tiruan dari kriteria motivasi sedang 47,1% menjadi 88,2% kriteria tinggi, dengan nilai p = 0,000 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Hasil uji Mann-Whitney didapatkan skor rata-rata pada kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol, dengan nilai variabel pengetahuan p=0,045 dan variabel motivasi p = 0,008 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Kesimpulan : Penyuluhan menggunakan flipchart meningkatkan pengetahuan kehilangan gigi dan motivasi penggunaan gigi tiruan pada pra lansia. Kata Kunci : Penyuluhan, Flipchart, Pengetahuan, Motivasi, Kehilangan gigi, Gigi tiruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: User 2020
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:11
Last Modified: 03 Nov 2023 01:11
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13465

Actions (login required)

View Item View Item