Maghriza, Irna Ari (2023) PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DI SD N 1 KADIPIRO. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (Awal)
Awal.pdf Download (917kB) |
|
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (33kB) |
|
Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf Download (121kB) |
|
Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf Download (253kB) |
|
Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
Text (Conclusion)
Conclusion.pdf Download (32kB) |
|
Text (References)
References.pdf Download (169kB) |
|
Text (Appendices)
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Full Text)
Full Text Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang : Gempa bumi didefinisikan sebagai suatu peristiwa di mana energi dilepaskan dari bagian dalam bumi yang ditandai dengan pecahnya lapisan batuan di kerak bumi. Gempa bumi menduduki urutan ketiga setelah tsunami dan longsor dengan tingkat prevalensi 16%. Kurangnya kesadaran tentang pengetahuan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana menjadi salah satu faktor penyebab banyaknya korban akibat gempa bumi, khususnya pada anak-anak dimana termasuk dalam kelompok rentan. Media yang digunakan dalam menyampaikan pesan ada banyak, antara lain media video animasi dan media poster. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan aman bencana dengan media video animasi terhadap tingkat pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi di SD N 1 Kadipiro Metode penelitian : Jenis penelitian quasi experimental design dengan pola pretest and posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari-April 2023. Subjek penelitian adalah 106 siswa terdiri dari kelas IV dan V. Uji hipotesis dianalisis menggunakan Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian : Ada pengaruh dari pemberian pendidikan aman bencana dengan video animasi. Ada perbedaan pengetahuan antara pretest dan posttest baik pada media video animasi) maupun media poster (p value = 0,000). Ada perbedaan yang bermakna dari pemberian pendidikan aman bencana dibuktikkan dengan selisih rata-rata pengetahuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol didapatkan Sig (p value) yaitu 0,000 (p value <0,05) Kesimpulan : Media video animasi dapat memberikan pengaruh yang bermakna terhadap peningkatan pengetahuan siswa mengenai kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Kata kunci : Video animasi, poster, pengetahuan, kesiapsiagaan, bencana, gempa bumi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 01:59 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 01:59 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13069 |
Actions (login required)
View Item |