Suryaningrum, Dhita (2022) PENGARUH PROMOSI TENTANG PERAWATAN ORTODONTI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN MINAT PERAWATAN ORTODONTI. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (Cover- Daftar Lampiran)
AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf Download (209kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
CHAPTER 1.pdf Download (335kB) |
|
Text (Bab II Tinjauan Pustaka)
CHAPTER 2.pdf Download (235kB) |
|
Text (Bab III Metode Penelitian)
CHAPTER 3.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
Text (Bab IV Hasil dan Pembahasan)
CHAPTER 4.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
CONCLUSION.pdf Download (205kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf Download (440kB) |
|
Text (Lampiran)
APPENDICES.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (File Skripsi Lengkap)
SKRIPSI DHITA SURYANINGRUM.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Berdasarkan laporan hasil Riset Kesehatan Dasar Nasional tahun 2018, prevalensi maloklusi di Indonesia masih sangat tinggi sekitar 80% dari jumlah penduduk, maka maloklusi seharusnya dicegah dan ditangani. Diperlukan adanya promosi dalam peningkatan pengetahuan masyarakat dalam bidang perawatan ortodonti. Promosi menggunakan media video adalah salah satu cara meningkatkan pengetahuan dan minat perawatan ortodonti. Tujuan: Diketahuinya pengaruh promosi tentang perawatan ortodonti menggunakan media video terhadap pengetahuan dan minat perawatan ortodonti. Metode: Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan rancangan Non Equevalent Control Group, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 76 responden sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan di bulan April- Mei 2022. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kendal. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, Paired sample T- Test, dan Independent-Sampels T- Test. Hasil: Rata-rata skor awal tingkat pengetahuan pada kelompok eksperimen adalah 10,5 dan rata-rata skor akhir adalah 14,63 Pada variabel minat rata- rata skor awal pada kelompok eksperimen adalah 19,58 dan rata rata skor akhir 30,92. Terjadi kenaikan yang signifikan rata-rata skor awal dan akhir pada kelompok eksperimen, hasil analisis uji statistis menggunakan uji Paired sample T- Test diperoleh p- value diperoleh 0,000 < 0,05. Hasil analisis uji Independent- Samples T- Test diperoleh p value 0,000< 0,05, mean rank kelompok eksperimen 32,45>28,84 kelompok kontrol. Kesimpulan: terdapat pengaruh promosi tentang perawatan ortodonti menggunakan media video terhadap pengetahuan dan minat perawatan ortodonti Kata Kunci: Promosi, Ortodonti, Video, Pengetahuan, Minat
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 04:06 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 04:06 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/10622 |
Actions (login required)
View Item |