PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE TAKE AND GIVE TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PENCEGAHAN STUNTING DI PMB BEKTI ISTIRAHAYU PURWOREJO TAHUN 2022

Candra Putri, Andika (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE TAKE AND GIVE TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PENCEGAHAN STUNTING DI PMB BEKTI ISTIRAHAYU PURWOREJO TAHUN 2022. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (280kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (153kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Referances.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)

Abstract

Latar Belakang: Kasus stunting yang terjadi dapat disebabkan oleh tingkat pengetahuan ibu hamil mengenai stunting yang masih rendah. Berdasarkan studi pendahuluan, prevalensi angka stunting di wilayah PMB Bekti Istirahayu cukup tinggi. Salah satu metode pendidikan cooperative learning yang telah berhasil diteliti dan diadaptasi dalam pendidikan kesehatan adalah metode take and give . Tujuan: Diketahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode take and give terhadap pengetahuan ibu hamil tentang pencegahan stunting di PMB Bekti Istrirahayu Purworejo Tahun 2022 Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional kuantitatif. Dengan desain metode pre-experiment dengan desain one group pre and post test,. Populasi yamg digunakan adalah semua ibu hamil di wilayah PMB Bekti Istirhayu. Jumlah sampel yang digunakan adalah 40 responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat, paired t-test dan independent t test dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil: Pada kelompok eksperimen, rata-rata pengetahuan ibu hamil sebelum penelitian sebesar 66,38, sedangkan setelah intervensi meningkat menjadi 83,33. Berdasarkan uji paired t test didapatkan nilai p value sebesar <0,001. Pada kelompok kontrol selisih rata-rata pengetahuan ibu adalah 3,89. Hasil paired t test menunjukkan nilai p value sebesar 0,002. Berdasarkan hasil analisis independent t test menunjukkan metode take and give berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan, dinyatakan dengan nilai p value <0.001. Kesimpulan: Edukasi dengan metode take and give lebih meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang pencegahan stunting dibanding dengan ceramah menggunakan leaflet

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 28 Oct 2022 04:36
Last Modified: 28 Oct 2022 04:36
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/9959

Actions (login required)

View Item View Item