PEMBERIAN VIDEO EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENTINGNYA TABLET TAMBAH DARAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA

Nanda Dea Rizki, Nanda Dea Rizki (2022) PEMBERIAN VIDEO EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENTINGNYA TABLET TAMBAH DARAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. AWAL.pdf

Download (14MB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (47kB)
[img] Text
3. CHAPTER 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
4. CHAPTER 2.pdf

Download (181kB)
[img] Text
5. CHAPTER 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
6. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
7. CONCLUSION.pdf

Download (73kB)
[img] Text
8. REFERENCES.pdf

Download (129kB)
[img] Text
9. APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pada tahun 2018, prevalensi anemia pada remaja putri di Kabupaten Sleman meningkat menjadi 22,86%. Kabupaten Sleman merupakan wilayah kerja dengan cakupan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri terendah yaitu 28,08%. Penyuluhan tentang pentingnya tablet tambah darah diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan dan sikap, yang merupakan kondisi timbulnya perilaku sehat remaja putri secara mandiri dalam upaya pencegahan anemia sejak dini. Tujuan: Diketahuinya pengaruh pemberian video edukasi terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang pentingnya tablet tambah darah di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen dengan rancangan Pre-Post Test With Control Group. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan dan SMP Pangudi Luhur Moyudan dengan masing-masing jumlah sampel sebanyak 24 orang. Setiap kelompok dilakukan pre test kemudian diberikan edukasi melalui video dan slide power point, lalu dilakukan post test 1 dan post test 2 setelah 1 minggu diberikan edukasi. Data yang dikumpulkan diuji kenormalannya dan dilanjutkan dengan analisis statistik menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji Independent Sample T-test. Hasil: Hasil skor pre test, post test 1 dan post test 2 pengetahuan yang dilakukan setelah 1 minggu diberikan edukasi pada media video diperoleh p value 0,0001. Sedangkan hasil skor pre test, post test 1 dan post test 2 pengetahuan yang dilakukan setelah 1 minggu diberikan edukasi pada media slide power point juga diperoleh p value 0,0001. Pada hasil pre test, post test 1 dan post test 2 sikap yang dilakukan setelah 1 minggu diberikan edukasi pada media video diperoleh p value 0,0001. Sedangkan hasil skor pre test, post test 1 dan post test 2 sikap yang dilakukan setelah 1 minggu diberikan edukasi pada media slide power point juga diperoleh p value 0,0001. Perbandingan rata-rata peningkatan pengetahuan dan sikap antara media video dan slide power point diperoleh p value 0,0001. Kesimpulan: Media video lebih efektif dibandingkan slide power point terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang pentingnya tablet tambah darah. Kata Kunci: video edukasi, tablet tambah darah, pengetahuan, sikap, remaja.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 22 Apr 2024 05:43
Last Modified: 22 Apr 2024 06:56
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/9469

Actions (login required)

View Item View Item