Nanda Dea Rizki, Nanda Dea Rizki (2022) PEMBERIAN VIDEO EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENTINGNYA TABLET TAMBAH DARAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Text
1. AWAL.pdf

Download (14MB)
Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (47kB)
Text
3. CHAPTER 1.pdf

Download (114kB)
Text
4. CHAPTER 2.pdf

Download (181kB)
Text
5. CHAPTER 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
Text
6. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
Text
7. CONCLUSION.pdf

Download (73kB)
Text
8. REFERENCES.pdf

Download (129kB)
Text
9. APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pada tahun 2018, prevalensi anemia pada remaja putri di Kabupaten Sleman meningkat menjadi 22,86%. Kabupaten Sleman merupakan wilayah kerja dengan cakupan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri terendah yaitu 28,08%. Penyuluhan tentang pentingnya tablet tambah darah diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan dan sikap, yang merupakan kondisi timbulnya perilaku sehat remaja putri secara mandiri dalam upaya pencegahan anemia sejak dini. Tujuan: Diketahuinya pengaruh pemberian video edukasi terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang pentingnya tablet tambah darah di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen dengan rancangan Pre-Post Test With Control Group. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan dan SMP Pangudi Luhur Moyudan dengan masing-masing jumlah sampel sebanyak 24 orang. Setiap kelompok dilakukan pre test kemudian diberikan edukasi melalui video dan slide power point, lalu dilakukan post test 1 dan post test 2 setelah 1 minggu diberikan edukasi. Data yang dikumpulkan diuji kenormalannya dan dilanjutkan dengan analisis statistik menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji Independent Sample T-test. Hasil: Hasil skor pre test, post test 1 dan post test 2 pengetahuan yang dilakukan setelah 1 minggu diberikan edukasi pada media video diperoleh p value 0,0001. Sedangkan hasil skor pre test, post test 1 dan post test 2 pengetahuan yang dilakukan setelah 1 minggu diberikan edukasi pada media slide power point juga diperoleh p value 0,0001. Pada hasil pre test, post test 1 dan post test 2 sikap yang dilakukan setelah 1 minggu diberikan edukasi pada media video diperoleh p value 0,0001. Sedangkan hasil skor pre test, post test 1 dan post test 2 sikap yang dilakukan setelah 1 minggu diberikan edukasi pada media slide power point juga diperoleh p value 0,0001. Perbandingan rata-rata peningkatan pengetahuan dan sikap antara media video dan slide power point diperoleh p value 0,0001. Kesimpulan: Media video lebih efektif dibandingkan slide power point terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang pentingnya tablet tambah darah. Kata Kunci: video edukasi, tablet tambah darah, pengetahuan, sikap, remaja.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2024 05:43
Last Modified: 22 Apr 2024 06:56
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/9469

Actions (login required)

View Item View Item