Nanda Dea Rizki, Nanda Dea Rizki (2022) PEMBERIAN VIDEO EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENTINGNYA TABLET TAMBAH DARAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
1. AWAL.pdf Download (14MB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (47kB) |
|
Text
3. CHAPTER 1.pdf Download (114kB) |
|
Text
4. CHAPTER 2.pdf Download (181kB) |
|
Text
5. CHAPTER 3.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
Text
6. CHAPTER 4.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text
7. CONCLUSION.pdf Download (73kB) |
|
Text
8. REFERENCES.pdf Download (129kB) |
|
Text
9. APPENDICES.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Latar Belakang: Pada tahun 2018, prevalensi anemia pada remaja putri di Kabupaten Sleman meningkat menjadi 22,86%. Kabupaten Sleman merupakan wilayah kerja dengan cakupan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri terendah yaitu 28,08%. Penyuluhan tentang pentingnya tablet tambah darah diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan dan sikap, yang merupakan kondisi timbulnya perilaku sehat remaja putri secara mandiri dalam upaya pencegahan anemia sejak dini. Tujuan: Diketahuinya pengaruh pemberian video edukasi terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang pentingnya tablet tambah darah di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen dengan rancangan Pre-Post Test With Control Group. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan dan SMP Pangudi Luhur Moyudan dengan masing-masing jumlah sampel sebanyak 24 orang. Setiap kelompok dilakukan pre test kemudian diberikan edukasi melalui video dan slide power point, lalu dilakukan post test 1 dan post test 2 setelah 1 minggu diberikan edukasi. Data yang dikumpulkan diuji kenormalannya dan dilanjutkan dengan analisis statistik menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji Independent Sample T-test. Hasil: Hasil skor pre test, post test 1 dan post test 2 pengetahuan yang dilakukan setelah 1 minggu diberikan edukasi pada media video diperoleh p value 0,0001. Sedangkan hasil skor pre test, post test 1 dan post test 2 pengetahuan yang dilakukan setelah 1 minggu diberikan edukasi pada media slide power point juga diperoleh p value 0,0001. Pada hasil pre test, post test 1 dan post test 2 sikap yang dilakukan setelah 1 minggu diberikan edukasi pada media video diperoleh p value 0,0001. Sedangkan hasil skor pre test, post test 1 dan post test 2 sikap yang dilakukan setelah 1 minggu diberikan edukasi pada media slide power point juga diperoleh p value 0,0001. Perbandingan rata-rata peningkatan pengetahuan dan sikap antara media video dan slide power point diperoleh p value 0,0001. Kesimpulan: Media video lebih efektif dibandingkan slide power point terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang pentingnya tablet tambah darah. Kata Kunci: video edukasi, tablet tambah darah, pengetahuan, sikap, remaja.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 05:43 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 06:56 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/9469 |
Actions (login required)
View Item |