PENGGUNAAN MEDIA LAGU “AYO WIJIK NGANGGO SABUN DAN GERAK TANGAN” SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI SD NEGERI SINDUREJAN, KECAMATAN WIROBRAJAN KOTAMADYA YOGYAKARTA

Edy Kurnia Karo Karo, Edy Kurnia Karo Karo and Heru Subaris, Heru Subaris and M. Mirza Fauzie, M. Mirza Fauzie (2019) PENGGUNAAN MEDIA LAGU “AYO WIJIK NGANGGO SABUN DAN GERAK TANGAN” SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI SD NEGERI SINDUREJAN, KECAMATAN WIROBRAJAN KOTAMADYA YOGYAKARTA. skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. awalpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. abstract.pdf.pdf

Download (49kB)
[img] Text
3. chapter 1.pdf.pdf

Download (49kB)
[img] Text
4. chapter 2.pdf.pdf

Download (156kB)
[img] Text
5. chapter 3.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
6. chapter 4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
7. conclusion.pdf.pdf

Download (11kB)
[img] Text
8. references.pdf.pdf

Download (54kB)
[img] Text
9. appendices.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
EDY KURNIA KARO KARO. NIM P07133217061- PENGGUNAAN MEDIA LAGU AYO WIJIK NGANGGO SABUN DAN GERAKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Promosi kesehatan (Promkes) disekolah pada prinsipnya adalah menciptakan sekolah sebagai komunitas yang mampu meningkatkan kesehatannya. Dari hasil uji pendahuluan dengan wawancara kepada 15 siswa belum ada yang tahu cara yang benar CTPS dan dari 15 siswa hanya 5 siswa yang mencuci tangan sebelum makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media lagu Ayo Wijik Nganggo Sabun dan Gerakan Tangan terhadap tingkat pengetahuan dan praktik di SDN Sindurejan, Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi experiment). Subyek dari penelitian ini siswa kelas 1-3 SD sebanyak 154 siswa. Perlakuan pada penelitian ini kelompok eksperimen diberikan penyuluhan dengan media lagu Ayo Wijik Nganggo Sabun dan Gerakan Tangan, serta kelompok kontrol diberikan ceramah saja. Instrumen yang digunkan adalah kuesioner, form penilaian, dan sabun. Hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan diuji statistik menggunakan uji T-Test Bebas. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang bermakna penyuluhan dengan penggunaan media lagu Ayo Wijik Nganggo Sabun dan Gerakan Tangan terhadap tingkat pengetahuan dan praktik CTPS pada siswa SDN Sindurejan. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat pengetahuan dan praktik cuci tangan pakai sabun. Terlihat secra statistik dengan p-value sebesar 0,043<0,05 untuk tingkat pengetahuan, 0,039<0,05 untuk praktik CTPS pada siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: analis
Date Deposited: 29 Apr 2019 02:34
Last Modified: 29 Apr 2019 02:34
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item