EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENYIKAT GIGI MENGGUNAKAN MEDIA PHANTOM DAN SLIDE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA KARANG TARUNA DUSUN KAWEDAN

Dyah Anjani Mustikaning Pertiwi, (2019) EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENYIKAT GIGI MENGGUNAKAN MEDIA PHANTOM DAN SLIDE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA KARANG TARUNA DUSUN KAWEDAN. skripsi thesis, Jurusan Keperawatan Gigi.

[img] Text
Skripsi Dyah Anjani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting dan hanya dapat dicapai apabila rongga mulut senantiasa bersih. Menyikat gigi merupakan upaya untuk menjaga kebersihan mulut yang paling utama dan dilakukan setiap hari oleh setiap individu. Adapun perilaku menyikat gigi dengan baik dan benar masih rendah pada remaja. Penyuluhan menyikat gigi diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang cara menjaga kebersihan gigi dan mulut. Penyuluhan menyikat dapat dilakukan dengan berbagai media termasuk menggunakan media phantom gigi dan media slide. Tujuan Penelitian : Diketahuinya efektivitas penyuluhan menyikat gigi menggunakan media phantom dan slide terhadap tingkat pengetahuan menyikat gigi remaja Dusun Kawedan. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini yaitu quasi ekperimental menggunakan rancangan pretest and posttest group design. Populasi studi penelitian ini adalah remaja karang taruna Dusun Kawedan. Sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis data menggunakan Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan menyikat gigi remaja karang taruna Dusun Kawedan, pada kelompok phantom sebelum penyuluhan paling banyak adalah kriteria cukup yaitu 63,3% dan setelah penyuluhan kriteria baik yaitu 60%. Sedangkan, pada kelompok slide sebelum penyuluhan paling banyak kriteria cukup yaitu 66,7% dan setelah penyuluhan kriteria baik yaitu 93,3%. Wilcoxon Test menunjukkan kedua kelompok memiliki perbedaan yang bermakna dengan nilai p = 0,00 (p<0,05). Analisis Mann-Whitney menunjukkan bahwa mean rank kelompok slide 40,07 > 20,93 kelompok phantom. Kesimpulan : Penyuluhan menyikat gigi menggunakan media phantom dan slide sama-sama berpengaruh untuk meningkatkan pengetahuan. Penyuluhan dengan media slide lebih efektif dari media phantom. Kata Kunci : efektivitas, penyuluhan menyikat gigi, phantom, slide, tingkat pengetahuan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: > Jurusan
Depositing User: analis
Date Deposited: 25 Apr 2019 02:39
Last Modified: 25 Apr 2019 02:39
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item