PENGARUH EDUKASI PMBA DENGAN MEDIA E-BOOKLET DAN POWERPOINT TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BADUTA

Nur Wulan Jati, Anisah (2022) PENGARUH EDUKASI PMBA DENGAN MEDIA E-BOOKLET DAN POWERPOINT TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BADUTA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (92kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (187kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf

Download (263kB)
[img] Text
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
7. Conclusion.pdf

Download (86kB)
[img] Text
8. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
9. References.pdf

Download (177kB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kurangnya pengetahuan dan sikap pada ibu dalam pemberian makan bayi dan anak yang tepat dan sesuai dapat menyebabkan masalah gizi kurang pada anak baduta. Data Dinas Kesehatan Klaten tahun 2019 menunjukkan prevalensi gizi kurang di Puskesmas Trucuk II sebesar 19,1%. Tujuan: Diketahuinya pengaruh edukasi PMBA dengan media e-booklet dan powerpoint terhadap pengetahuan dan sikap ibu baduta Metode: Penelitian ini menggunakan desain Quasi eksperimental dengan rancangan pretest-posttest with control group design. Penelitian dilakukan di Desa Kalikebo dan Desa Gaden, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten. Jumlah sampel ibu baduta sebanyak 50 perlakuan dan 50 kontrol. Setiap kelompok diberikan pretest kemudian dilakukan edukasi PMBA dengan media e-booklet pada kelompok perlakuan dan powerpoint pada kelompok kontrol, lalu diberikan posttest 1 dan diberikan posttest 2 kembali setelah 1 minggu. Data yang dikumpulkan yaitu pengetahuan dan sikap. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov sminov. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil: Kedua media berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan (p=0,000) untuk e-booklet, pada powerpoint (p=0,004) dan (p=0,030), serta sikap (p=0,000) dan (p=0,014) untuk e-booklet, pada powerpoint (p=0,021) dan (p=0,360). Kesimpulan: Media powerpoint lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sedangkan media powerpoint dan e-booklet mempunyai keefektivitasan yang sama terhadap peningkatan sikap. Kata kunci : edukasi pmba, e-booklet, powerpoint, pengetahuan, sikap

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 06 Jul 2022 02:27
Last Modified: 06 Jul 2022 02:27
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/8985

Actions (login required)

View Item View Item