Aplikasi Model PRECEDE-PROCEED Pada Perencanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan Berbasis Penilaian Kebutuhan Kesehatan Masyarakat

Endang Sutisna Sulaeman, and Bhisma Murti, and Waryana, (2015) Aplikasi Model PRECEDE-PROCEED Pada Perencanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan Berbasis Penilaian Kebutuhan Kesehatan Masyarakat. JURNAL KEDOKTERAN YARSI, 23 (3). pp. 149-164.

[img] Text
3. JURNAL KEDOKTERAN YARSI.pdf

Download (192kB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program kesehatan . Model PRECEDE - PROCEED Green dan Kreuter digunakan sebagai model perencanaan program kesehatan berbasis penilaian kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian adalah meng aplikasikan model PRECEDE - PROCEED pada perencanaan program pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan berbasis penilaian kebutuhan . Sasaran penelitian adalah para pengambil kebijakan serta pelaksana program Desa Siaga di Dinas Kesehatan Kabupaten , Puskesmas, dan Desa. Metode penelitian yang di ggunakan adalah metode kualitatif berupa studi kasus. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah dengan mengambil dua Desa Siaga. Hasil: Prioritas m asalah kesehatan adalah Tuberkulosis (T B) dan Demam Berdarah Dengue (DBD) . Faktor predisposisi meliputi tingkat pendidikan , pengetahuan , keyakinan, serta kepercayaan pada takhayul dan dukun. Faktor pendukung meliputi penyuluhan dan pelatihan, ketersediaan sarana kesehatan, jaminan kesehatan, du kungan dana, sumberdaya lokal, dan sumberdaya alam. Faktor penguat meliputi kepemimpinan , dukungan sosial, modal sosial, norma sosial, gotong royong, penghargaan, akses informasi kesehatan dan keteladanan. Kesimpulan: Model perencanaan PRECEDE - PROCEED dapa tdiaplikasikan pada perencanaan program p emberdayaan masyarakat bidang kesehatan berbasis penilaian kebutuhan. P enyakit TB dan DBD diidentifikasi oleh masyarakat sebagai prioritas masalah kesehatan. Pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan diarahkan pada upaya perubahan perilaku dengan mempertimbangkan faktor predisposisi, penguat dan pendukung.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: > Jurusan
Depositing User: Unnamed user with email server@poltekkesjogja.ac.id
Date Deposited: 14 Apr 2019 14:48
Last Modified: 14 Apr 2019 14:48
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item