PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA FLIPCHART PLANNER TERHADAP PENGETAHUAN, PERILAKU, DAN AKTIVITAS FISIK PADA SISWA SMA OVERWEIGHT DAN OBESITAS

Aryanti, Niken Wahyu (2022) PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA FLIPCHART PLANNER TERHADAP PENGETAHUAN, PERILAKU, DAN AKTIVITAS FISIK PADA SISWA SMA OVERWEIGHT DAN OBESITAS. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (833kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Chapter1.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Chapter2.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Chapter3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
Chapter4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (14kB)
[img] Text
References.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Apendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Niken Wahyu Aryanti (P07131218033), Nur Hidayat (4002046803), Rini Wuri Astuti (4005048001).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
P07131218033_Niken Wahyu Aryanti_Naskah Publikasi.pdf

Download (466kB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kurangnya pengetahuan, perilaku makan yang keliru, dan kurangnya aktivitas fisik dapat menimbulkan masalah gizi pada remaja yaitu overweight dan obesitas. Prevalensi obesitas pada usia ≥15 tahun meningkat sebesar 4,4% dari tahun 2013 (26,6%) ke tahun 2018 (31%). Perlu adanya upaya penanggulangan dengan edukasi gizi menggunakan media flipchart planner dikarenakan informasi yang disajikan praktis sehingga cocok untuk remaja/siswa SMA. Tujuan: Mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi menggunakan media flipchart planner terhadap pengetahuan, perilaku, dan aktivitas fisik pada siswa SMA overweight dan obesitas. Metode: Penelitian ini berupa penelitian pre eksperimental dengan desain penelitian pretest posttest tanpa kelompok kontrol dengan teknik proportional random sampling. Dilakukan dengan pretest posttest pengetahuan dan aktivitas fisik sebelum dan sesudah intervensi, perilaku makan diukur menggunakan form food record selama 7 hari sebelum intervensi dan 7 hari setelah intervensi. Hasil: Terdapat perbedaan bermakna setelah diberikan edukasi gizi menggunakan media flipchart planner terhadap pengetahuan (p=0,000), perilaku makan konsumsi energi (p=0,005), konsumsi protein (p=0,006), konsumsi lemak (p=0,001), dan aktivitas fisik (p=0,000), tidak terdapat perbedaan bermakna terhadap konsumsi karbohidrat (p=0,284). Kesimpulan: Ada perbedaan bermakna setelah edukasi gizi menggunakan media flipchart planner terhadap pengetahuan, perilaku konsumsi energi, protein, lemak, dan aktivitas fisik. Tidak terdapat perbedaan bermakna setelah edukasi gizi menggunakan media flipchart planner terhadap perilaku konsumsi karbohidrat. Kata Kunci: Edukasi, Flipchart Planner, Remaja, Overweight

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:51
Last Modified: 09 Jun 2022 05:57
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/8250

Actions (login required)

View Item View Item