Pengaruh Video Edukasi Regulasi Emosi Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Akhir Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Wulandari, Latifah Dwi Retno (2022) Pengaruh Video Edukasi Regulasi Emosi Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Akhir Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awalan.pdf

Download (648kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
NASPUB CARING.pdf

Download (371kB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

PENGARUH VIDEO EDUKASI REGULASI EMOSI TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA AKHIR POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA Latifah Dwi Retno Wulandari1, Tri Prabowo2, Maryana3 1,2,3 Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl. Tatabumi No.3 Banyuraden, Gamping, Sleman Email : latifahretnadr@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang : Mahasiswa dituntun berprestasi semaksimal mungkin karena bagian dari ukuran keberhasilan mahasiswa.Tuntutan akademik yang signifikan, praktik lapangan, tugas perkulihan yang banyak, dan skripsi membuat stressor tersendiri bagi mahasiswa tingkat akhir, hal tersebut membuat mahasiswa akhir mengalami tingkat stres yang tinggi, jika tidak segera diatasi mengakibatkan keterlambatan kelulusan. Stres mempengaruhi tingkat kestabilan emosi, sehingga tidak dapat mengambil keputusan dengan tepat, maka penting memiliki regulasi emosi. Tujuan Penelitian : Diketahui pengaruh video edukasi regulasi emosi terhadap tingkat stres mahasiswa akhir Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan prepost test with control group design. Sampel penelitian berjumlah 60 responden yang masing-masing kelompok ada 30 responden. Kelompok eksperimen diberikan intervensi menggunakan media video edukasi regulasi emosi dan kelompok kontrol diberikan intervensi edukasi regulasi emosi menggunakan power point. Pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Uji yang digunakan yaitu uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil Penelitian : Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan hasil ada pengaruh yang signifikan dengan p = 0,000 ( p < 0,05) dan hasil analisa dengan uji Mann Whitney ada perbedaan yang bermakna dengan p = 0,000 (p < 0,05) Kesimpulan : Ada pengaruh video edukasi regulasi emosi terhadap tingkat stres mahasiswa akhir Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kata Kunci : Video Edukasi, Regulasi emosi, Tingkat Stres, Mahasiswa Akhir

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 27 May 2022 04:41
Last Modified: 27 May 2022 04:42
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/8193

Actions (login required)

View Item View Item