STUDI TINGKAT KEJENUHAN MEDIA “RIBON” PADA FILTER UNIT PENGOLAHAN AIR BERSIH UNTUK MENURUNKAN KESADAHAN DI DUSUN KENTENG, DESA POJOK, KECAMATAN TAWANGSARI, SUKOHARJO 2018

Dea Clara Novethalia Manihuruk, and Narto, and Sigid Sudaryanto, (2018) STUDI TINGKAT KEJENUHAN MEDIA “RIBON” PADA FILTER UNIT PENGOLAHAN AIR BERSIH UNTUK MENURUNKAN KESADAHAN DI DUSUN KENTENG, DESA POJOK, KECAMATAN TAWANGSARI, SUKOHARJO 2018. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
DEA CLARA NOVETHALIA MANIHURUK- P07133115007-STUDI TINGKAT KEJENUHAN MEDIA “RIBON” PADA FILTER UNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Salah satu parameter kualitas air bersih, yaitu kesadahan. Kesadahan yang man bagi kesehatan berkisar antara 50-150 mg/L, sedangkan air sadah dengan kadar diatas 300 mg/L sudah dikatakan air keras. Berdasarkan hasil uji pendahuluan air sumur di Kenteng, Pojok, Tawangsari, Sukoharjo, Jawa Tengah menunjukkan bahwa kesadahan sebesar 822 mg/L. Hasil uji pendahuluan ini tidak memenuhi persyaratan kesehatan. Resin kation merupakan media yang mampu menukar ion positif yang ada di air dan karbon aktif mampu menyerap zat-zat anorganik. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh waktu jenuh dari media “Ribon”. Desain penelitian ini memakai One Group Pretest-Posttest Design, dengan jumlah sampel sebanyak 104 meliputi 52 sampel yang belum mengalami pengolahan dan 52 sampel yang telah melalui pengolahan. Media “Ribon” dengan perbandingan Karbon:Resin (20:60) ini dapat menurunkan sekitar 80,99% pada minggu pertama, 75,76% minggu kedua, 65% minggu ketiga, dan 54,54% minggu terakhir. Untuk melihat kapan waktu jenuhnya dapat dilihat dari grafik hasil pemeiksaan, grafik menunjukkan kadar kesadahan mencapai kadar 300mg/L itu menunjukkan media telah mengalami waktu jenuh. Kesimpulan dari penelitian ini, media “Ribon” dengan perbandingan Karbon:Resin (20:60) diketahui bahwa waktu jenuh pemakaian yaitu 27 hari. Kata Kunci : “Ribon”, Kesadahan, Waktu jenuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: analis
Date Deposited: 04 Feb 2019 06:26
Last Modified: 04 Feb 2019 07:06
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item View Item