Destia Ayu Pramulatsih (2021) PENGARUH GAMES GUESS WORD TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA TENTANG PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DI DUSUN SERUT TAHUN 2021. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (366kB) |
|
Text
CHAPTER 1.pdf Download (322kB) |
|
Text
CHAPTER 2.pdf Download (410kB) |
|
Text
CHAPTER 3.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
|
Text
CHAPTER 4.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
Text
CONCLUSION.pdf Download (188kB) |
|
Text
REFERENCES.pdf Download (309kB) |
|
Text
APPENDICES.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
Destia Ayu Pramulatsih P07133217009.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang :Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi masalah di Kabupaten Bantul. Cara pengendalian penyakit DBD dapat dilakukan dengan PSN 3M Plus. Cara penyampaian PSN 3M Plus kepada masyarakat diantaranya melalui Games Guess Word, yang menstimulus responden, sehingga mempermu-dah responden dalam meningkatkan pengetahuan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Tujuan Penelitian : Diketahuinya pengaruh Games Guess Word terhadap penge-tahuan responden tentang pemberantasan sarang nyamuk di Dusun Serut. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah pre experiment dengan one grup pre test post test design. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan nilai pengetahuan PSN sebelum perlakuan Guess Word dilakukan pada 05 Mei 2021, dan setelah perlakuan pada 12 Mei 2021. Subyek penelitian ini adalah ibu rumah tangga berusia 26-45 tahun berpendidikan minimal SMP yang di rumahnya terdapat tampungan air positif jentik. Data dianalisis untuk uji beda nilai sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan uji Wilcoxon karena data tidak terdistribusi dengan normal. Hasil Penelitian :Rata-rata nilai pengetahuan hasil pengambilan nilai sebelum perlakuan Games Guess Word sebesar 18,68. Rata-rata nilai pengetahuan hasil setelah perlakuan 20,76. Nilai pengetahuan setelah perlakuan menunjukkan lebih tinggi dari sebelum perlakuan. Hasil uji beda nilai pre test dan post test setelah perlakuan Games dengan Guess Word p<0,005. Games Guess Word memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan responden setelah perlakuan. Kesimpulan :Ada pengaruh Games Guess Word dalam meningkatkan penge- tahuan responden terhadap pemberantasan sarang nyamuk di Dusun Serut. Kata kunci :Guess Word, Games,Pemberantasan Sarang Nyamuk
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 08:40 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 03:39 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/7053 |
Actions (login required)
View Item |