PENGARUH PEMBELAJARAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU GIZI BRAILLE TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA SEKOLAH DASAR PENYANDANG TUNANETRA

Pratiwi, Sukma Sekar (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU GIZI BRAILLE TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA SEKOLAH DASAR PENYANDANG TUNANETRA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (800kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (90kB)
[img] Text
References.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Permasalahan gizi pada anak tunanetra sama seperti anak pada umumnya. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan dan rendahnya penerapan gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Maka diperlukan pembelajaran gizi kepada anak tunanetra dengan media yang sesuai karakteristik anak. Tujuan: Mengetahui efektifitas pembelajaran gizi menggunakan buku gizi Braille terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada anak tunanetra di SLB. Metode: Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain pre test post test without control group design. Intervensi yang diberikan adalah pembelajaran gizi seimbang meliputi tumpeng gizi seimbang, aktivitas fisik, dan hidup sehat dengan media buku gizi Braille. Subyek adalah seluruh siswa berusia 9-13 tahun di SLB YKAB Solo dan SLB A ‘Aisyiyah Ponorogo yang dipilih sesuai kriteria inklusi, dengan jumlah total sebanyak 14 siswa. Pengetahuan diukur melalui pengisian kuesioner sebelum dan setelah intervensi pembelajaran gizi. Data dianalisis normalitas menggunakan Shapiro Wilk dan diuji dengan paired sample t-test dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil: berdasarkan uji paired sample t-test, didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah pembelajaran gizi (p=0,000) dengan tingkat kenaikan skor sebesar 47,7%. Kesimpulan: Pembelajaran gizi dengan media buku gizi Braille dapat meningkatkan pengetahuan gizi seimbang siswa sekolah dasar di SLB Negeri. Kata Kunci: Gizi seimbang, Braille, tunanetra, siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:42
Last Modified: 16 Jul 2021 04:42
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/6250

Actions (login required)

View Item View Item