Ayunda Sekar Arum (2021) METODE VISUAL AUDITORY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
Awal.pdf Download (606kB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (14kB) |
|
Text
Chapter 1.pdf Download (130kB) |
|
Text
Chapter 2.pdf Download (132kB) |
|
Text
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text
Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
Text
Conclusion.pdf Download (7kB) |
|
Text
References.pdf Download (245kB) |
|
Text
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang: Anak toddler (1-3 tahun) masuk dalam tahap anal dimana anak mulai mampu untuk mengontrol buang air besar dan buang air kecil sehingga memerlukan stimulasi agar berkembang secara optimal sesuai tahap perkembangan. Kegagalan toilet training masa toddler dapat menimbulkan masalah berupa enuresis, infeksi saluran kemih, sembelit, encopresis, dan penolakan ke toilet. Jika berlanjut hingga remaja, maka akan berdampak pada masalah psikopatologi dan perilaku bunuh diri. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan toilet training dengan metode yang tepat dan mudah dimengerti yaitu dengan metode visual auditory yang dapat berupa video, modelling, dan demonstrasi. Metode visual auditory tentang toilet training merupakan cara melatih anak untuk mengontrol BAK/BAB dengan meniru atau memberikan contoh bagaimana BAK/BAB. Tujuan: Mengetahui metode visual auditory untuk meningkatkan kemampuan toilet training pada anak usia toddler. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain review literatur. Pencarian artikel menggunakan Researchgate, Google Scholar, dan Portal Garuda untuk menemukan artikel sesuai kriteria inklusi dan eksklusi kemudian dilakukan review. Hasil: Berdasarkan hasil telaah sepuluh penelitian, metode visual auditory dapat meningkatkan kemampuan toilet training pada anak usia toddler (1-3 tahun). Terdapat peningkatan kemampuan toilet training pada anak usia toddler setelah diberikan metode visual auditory dengan ditandai adanya perubahan nilai kemampuan toilet training pada anak toddler sebelum dan sesudah diberikan metode visual auditory. Proses penerapan metode visual auditory dengan frekuensi dan durasi yang konstan dapat meningkatkan kemampuan toilet training pada anak usia toddler. Kesimpulan: Metode visual auditory terbukti meningkatkan kemampuan toilet training pada anak usia toddler.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 05 Jul 2021 04:13 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:51 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/5805 |
Actions (login required)
View Item |