PENGARUH PEMBERIAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SAYUR DAN BUAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Istiani, Romadhoni and Th. Ninuk Sri Hartini, Th. Ninuk Sri Hartini and Rina Oktasari, Rina Oktasari and Herawati, Herawati (2018) PENGARUH PEMBERIAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SAYUR DAN BUAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (281kB)
[img] Text
3. Chapter1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
1. Awal.pdf

Download (870kB)
[img] Text
7. Conclusion.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf

Download (144kB)
[img] Text
6. Chapter 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
5. Chapter3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
8. References.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
9. Appendices.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Permalasahan gizi ganda pada anak akan mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan anak. Anak yang mengalami gizi kurang dapat mengalami pertumbuhan fisik dan kecerdasan yang tidak optimal. Anak yang menghadapi gizi lebih dapat mengancam kesehatan anak nantinya yaitu timbulnya penyakit degeneratif. Masalah gizi ganda pada anak dapat terjadi karena ketidaktahuan akan gizi baik pada anak yang menyebabkan anak sekolah sering berperilaku salah dalam mengonsumsi zat gizi, salah satunya kurangnya konsumsi sayur dan buah. Konsumsi sayur dan buah dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri atas faktor-faktor yang berpengaruh positif dan negatif terhadap konsumsi buah dan sayur yang berasal dari pengetahuan dan sikap. Pendidikan gizi dianjurkan diberikan segera setelah anak masuk sekolah dasar, kemudian diteruskan di sekolah lanjutan-lanjutannya. Consuming vegetable and fruits is influenced by internal and external factors. Peran media ini sangat strategis dalam memperjelas pesan dan meningkatkan efektivitas proses penyampaian pesan. Tujuan Penelitian: Dihasilkannya media buku cerita bergambar sebagai sebagai peningkatan pengetahuan sayur dan buah pada siswa sekolah dasar. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu melakukan percobaan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang timbul akibat adanya perlakuan tertentu. Desain penelitian pretest and postest one group design. Subyek penelitian adalah siswa sekolah dasar kelas IV sebanyak 30 orang di Sekolah Dasar Negeri Timbulharjo. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian buku cerita bergambar terhadap peningkatan pengetahuan tentang sayur (p=0,000) dan terdapat pengaruh pemberian buku cerita bergambar terhadap peningkatan pengetahuan tentang buah (p=0,000). Kesimpulan: terdapat peningkatan pengetahuan tentang sayur dan buah setelah diberikan media buku cerita bergambar pada siswa sekolah dasar.. Kata kunci: Sayur, buah, media buku cerita bergambar, anak Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: d4gizi
Date Deposited: 01 Aug 2018 02:44
Last Modified: 01 Aug 2018 02:44
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item