EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO STOP MOTION DAN MEDIA LEAFLET DALAM PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SARAPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Rismawati, Rismawati and Isti Suryani, Isti Suryani and Nur Hidayat, Nur Hidayat and Irianton Aritonang, Irianton Aritonang (2018) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO STOP MOTION DAN MEDIA LEAFLET DALAM PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SARAPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.

[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (37kB)
[img] Text
3. ChapterI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
4. Chapter2.pdf

Download (102kB)
[img] Text
5. Chapter3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
6. Chapter4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
7. Conclusion.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
8. References.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
1. Awal.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Appendices.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Usia sekolah adalah suatu usia yang sangat berbeda dengan usia dewasa yang mana dalam masa ini didapatkan banyak permasalahan kesehatan. Salah satu permasalahan kesehatan yang terjadi yaitu sering kali anak mengabaikan sarapan dengan alasan karena diburu waktu. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kebiasaan sarapan anak adalah pengetahuan gizi. Untuk meningkatkan pengetahuan gizi anak salah satunya dengan pendidikan gizi di sekolah melalui penyuluhan gizi dengan media. Media penyuluhan gizi yang digunakan pada penelitian ini adalah video stop motion dan leaflet. Tujuan Penelitian : Mengetahui efektivitas media video stop motion dan media leaflet dalam penyuluhan gizi terhadap peningkatan pengetahuan sarapan pada siswa sekolah dasar. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pre test and post test with control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jaranan dan SDN 1 Salakan dengan jumlah 24 siswa pada setiap kelompok. Analisis data menggunakan t-test. Hasil Penelitian : Rata-rata peningkatan pengetahuan tentang sarapan pada kelompok video stop motion 3,00 sedangkan pada kelompok leaflet 1,54. Ada perbedaan efektivitas media video stop motion dan media leaflet dalam penyuluhan gizi terhadap peningkatan pengetahuan sarapan pada siswa sekolah dasar (p = 0,03). Kesimpulan : Media video stop motion lebih efektif di dalam meningkatkan pengetahuan tentang sarapan pada siswa sekolah dasar daripada media leaflet. Kata Kunci : video stop motion, leaflet, dan pengetahuan sarapan

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: d4gizi
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:18
Last Modified: 02 Aug 2018 07:18
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item