PENGARUH PENYULUHAN GIZI SEIMBANG DENGAN MEDIA PIRING MAKANKU TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR

Astrid Herlinda, Puspitasari and I Made Alit Gunawan, I Made Alit Gunawan and Weni Kurdanti, Weni Kurdanti and Almira Sitasari, Almira Sitasari (2018) PENGARUH PENYULUHAN GIZI SEIMBANG DENGAN MEDIA PIRING MAKANKU TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
6. Conclusion.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
2. Chapter1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. Chapter2.pdf

Download (259kB)
[img] Text
5. Chapter4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
4. Chapter3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
1. Awal.pdf

Download (765kB)
[img] Text
7. References.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (115kB)
[img] Text
8. Appendices.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : meskipun sudah ada media pendidikan gizi yang baik, namun seiring dengan berkembangnya arus teknologi dan komunikasi, maka perlu inovasi pendidikan. Salah satu inovasi pendidikan tersebut adalah dengan menciptakan media baru dalam pendidikan kesehatan dan gizi. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah permainan piring makanku. Tujuan Penelitian : mengetahui pengaruh penyuluhan gizi seimbang dengan media piring makanku terhadap pengetahuan siswa SD. Metode Penelitian : jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan design pre-post test with control group. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018 dengan populasi semua siswa SDN Gamol dan SDN Mejing 1. Lokasi penelitian dipilih secara purposive sampling. Kemudian dari beberapa lokasi yang memenuhi kriteria dipilih secara simple random sampling, sehingga terpilih SDN Gamol sebagai kelompok perlakuan dan SDN Mejing 1 sebagai kelompok pembanding. Sampel penelitian ini dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, sehingga terpilih siswa kelas IV dan V. Sampel minimal dalam penelitian ini adalah 48 siswa. Analisis data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, independent sample test, dan paired sample t-test dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil Penelitian : secara statistik ada pengaruh penyuluhan gizi seimbang dengan media piring makanku (p=0,0001) dan lembar balik (p=0,0001). Terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan sebelum penyuluhan pada kelompok perlakuan dan pembanding (p=0,019). Namun, tidak terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan setelah penyuluhan pada kelompok perlakuan dan pembanding (p=0,983). Peningkatan pengetahuan pada kelompok perlakuan lebih tinggi dibandingkan kelompok pembanding. Kesimpulan : penyuluhan dengan media piring makanku berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang, serta peningkatan pengetahuan kelompok perlakuan lebih baik dibandingkan kelompok pembanding. Kata Kunci : media, piring makanku, pengetahuan, gizi seimbang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: d4gizi
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:23
Last Modified: 02 Aug 2018 07:23
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item