PENGARUH PENYULUHAN GIZI DENGAN MEDIA APLIKASI MOBILE “STOP ANEMIA” TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG ANEMIA DAN SIKAP DALAM MENCEGAH ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI DESA TRIDADI KABUPATEN SLEMAN

Zidni, Ilma Nafia and Waryana, Waryana and Almira Sitasari, Almira Sitasari and Irianton Aritonang, Irianton Aritonang (2018) PENGARUH PENYULUHAN GIZI DENGAN MEDIA APLIKASI MOBILE “STOP ANEMIA” TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG ANEMIA DAN SIKAP DALAM MENCEGAH ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI DESA TRIDADI KABUPATEN SLEMAN. skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Awal.pdf.pdf

Download (956kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf.pdf

Download (130kB)
[img] Text
3. Chapter1.pdf.pdf

Download (154kB)
[img] Text
3. Chapter2.pdf.pdf

Download (194kB)
[img] Text
3. Chapter3.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
3. Chapter4.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
4. Conclusion.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
5. References.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
6. Appendices.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH PENYULUHAN GIZI DENGAN MEDIA APLIKASI MOBILE “STOP ANEMIA” TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG ANEMIA DAN SIKAP DALAM MENCEGAH ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI DESA TRIDADI KABUPATEN SLEMAN Zidni Ilma Nafi’a1, Waryana2, Almira Sitasari3 1,2,3) Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jalan Tata Bumi No. 3 Banyuraden, Gamping, Sleman Email : zidniilmanafia@gmail.com ABSTRAK Latar belakang : Anemia gizi besi masih menjadi masalah gizi di Indonesia. Oleh sebab itu perlu adanya upaya pencegahan anemia sejak dini. Salah satu upaya untuk mencegah anemia sejak dini dengan memberikan penyuluhan gizi pada remaja putri untuk meningkatkan pengetahuan tentang anemia dan sikap dalam mencegah anemia. Supaya lebih mudah menyampaikan informasi dalam penyuluhan gizi, maka diperlukan media penyuluhan untuk mendukung penyampaian informasi. Media penyuluhan gizi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Aplikasi Mobile “Stop Anemia”. Tujuan : Mengetahui pengaruh penyuluhan gizi dengan media Aplikasi Mobile “Stop Anemia” terhadap pengetahuan tentang anemia dan sikap dalam mencegah anemia pada remaja putri di Desa Tridadi. Metode : Penelitian yang dilakukan adalah Eksperimen Semu rancangan pretest posttest dengan kelompok kontrol. Total subjek penelitian adalah 82 remaja putri dibagi dalam kelompok penyuluhan gizi dengan media Aplikasi Mobile “Stop Anemia” dan kelompok penyuluhan gizi dengan media leaflet. Hasil : Terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap setelah diberikan penyuluhan gizi dengan media Aplikasi Mobile “Stop Anemia” (p = 0,0001), tidak ada perbedaan signifikan pengetahuan setelah diberikan penyuluhan gizi antara kelompok Aplikasi Mobile “Stop Anemia” dengan kelompok leaflet (p = 0,894), dan tidak ada perbedaan signifikan sikap setelah diberikan penyuluhan gizi antara kelompok Aplikasi Mobile “Stop Anemia” dengan kelompok leaflet (p = 1,000). Kesimpulan : Ada pengaruh penyuluhan gizi dengan media Aplikasi Mobile “Stop Anemia” terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri, tetapi tidak terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap setelah diberikan penyuluhan gizi antara kelompok Aplikasi Mobile “Stop Anemia” dengan kelompok leaflet. Kata kunci : pengetahuan, sikap, anemia, aplikasi mobile.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: d4gizi
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:26
Last Modified: 02 Aug 2018 07:26
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item