Erika Wahyu, Widyastuti and Idi Setiyobroto, Idi Setiyobroto and Setyowati, Setyowati and Tjarono Sari, Tjarono Sari (2018) PENGARUH PEMBERIAN INFORMASI NILAI GIZI PADA BUKU MENU TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN DALAM PEMILIHAN MENU DI RUMAH MAKAN. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
2.ABSTRACT.pdf Download (150kB) |
|
Text
1.AWAL.doc.pdf Download (524kB) |
|
Text
4.CHAPTER2.doc.pdf Download (231kB) |
|
Text
7.CONCLUSION.doc.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
3.CHAPTER1.doc.pdf Download (514kB) |
|
Text
5.CHAPTER3.doc.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
6.CHAPTER4.doc.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
|
Text
8.REFERENCES.doc.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
9.APPENDICES.doc.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
Abstract
Latar Belakang : Salah satu pesan gizi seimbang adalah perilaku membaca label gizi yang dapat mendukung pola hidup sehat dengan membantu konsumen menentukan pilihan bahan makanan yang akan dikonsumsi sehingga aman bagi kesehatan. Pemberian label informasi nilai gizi pada produk makanan dan minuman yang disajikan di rumah makan masih jarang. Pada umumnya daftar menu makanan di rumah makan hanya terdiri atas daftar makanan dan harga makanan. Tujuan : Mengetahui pengaruh pemberian informasi nilai gizi pada buku menu terhadap persepsi konsumen dalam pemilihan menu di Rumah Makan Kupat Tahu Magelang Pak Slamet Ragil Cabang 85. Metode Penelitian : Penelitian adalah cross sectional, dilaksanakan pada bulan Maret 2018. Subjek penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung di Rumah Makan Kupat Tahu Magelang Pak Slamet Ragil Cabang 85 berjumlah 80 konsumen. Analisis data menggunakan chi square. Hasil Penelitian : Hasil uji chi square diperoleh nilai p>0,005 yang berarti bahwa tidak ada perbedaan persepsi konsumen yang membaca buku menu dan konsumen yang tidak membaca buku menu. Odds ratio konsumen yang membaca informasi nilai gizi pada buku menu adalah 3,35 yang berarti konsumen yang diberikan buku menu yang dilengkapi nilai gizi memiliki persepsi baik 3,35 lebih baik dalam memilih menu dibandingkan dengan konsumen yang tidak membaca buku menu. Kesimpulan : Tidak ada pengaruh pemberian informasi nilai gizi pada buku menu terhadap persepsi konsumen dalam pemilihan menu di rumah makan Kata Kunci : informasi nilai gizi, persepsi konsumen, pemilihan menu makanan
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika |
Depositing User: | d4gizi |
Date Deposited: | 09 Aug 2018 08:30 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:39 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/532 |
Actions (login required)
View Item |