PENGARUH PENYULUHAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DALAM MENCEGAH KURANG ENERGI KRONIK (KEK) DI DESA TRIDADI, KABUPATEN SLEMAN

Danissa, Wulan Febritasanti and Waryana, Waryana and Almira, Sitasari and I Made, Alit Gunawan (2018) PENGARUH PENYULUHAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DALAM MENCEGAH KURANG ENERGI KRONIK (KEK) DI DESA TRIDADI, KABUPATEN SLEMAN. skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Awal.pdf

Download (935kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (498kB)
[img] Text
3. Chapter1.pdf.pdf

Download (110kB)
[img] Text
4. Chapter2.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
5. Chapter3.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
6. Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
7. Conclusion.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
8. References.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)

Abstract

Latar Belakang : Guna mengurangi prevalensi KEK diperlukan penyadaran untuk mencegah kejadian tersebut. KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) mengenai KEK dan faktor yang mempengaruhi serta bagaimana menanggulanginya merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi KEK. Salah satu bentuk KIE adalah penyuluhan. Untuk mempermudah penerimaan pesan yang disampaikan dalam penyuluhan dapat digunakan media. Media dalam penelitian ini adalah video. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh pemberian penyuluhan dengan media video terhadap pengetahuan dan sikap dalam mencegah kurang energi kronik (KEK) pada remaja putri di Desa Tridadi, Kabupaten Sleman. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan pre- post test with control group design. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Populasi penelitian adalah seluruh remaja putri di Desa Tridadi, Kabupaten Sleman dengan sampel sejumlah 54 orang. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil Penelitian : Rata-rata skor pengetahuan remaja putri sebelum penyuluhan adalah 7,09 pada kelompok control dan 7,70 pada kelompok perakuan dengan skor sikap 24,11 pada kelompok control dan 25,00 pada kelompok perlakuan. Sedangkan rata-rata skor pengetahuan remaja putri setelah diberikan penyuluhan menggunakan media adalah 7,37 pada kelompok control dan 8,44 pada kelompok perakuan dengan skor sikap 26,70 pada kelompok control dan 28,38 pada kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian media video terhadap perubahan pengetahuan (p=0,00) dan sikap (p=0,00). Kesimpulan : Ada pengaruh penyuluhan dengan media video terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dalam mencegah kurang energy kronik (KEK) di Desa Tridadi, Kabupaten Sleman. Kata Kunci : media video, pengetahuan, sikap, remaja putri, kurang energy kronik (KEK)

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: d4gizi
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:25
Last Modified: 02 Aug 2018 07:25
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item