PENGUATAN UKS MELALUI PELATIHAN PENENTUAN STATUS GIZI BAGI GURU UKS SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA

Tri Siswati and Herawati (2019) PENGUATAN UKS MELALUI PELATIHAN PENENTUAN STATUS GIZI BAGI GURU UKS SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2 (2). pp. 126-130. ISSN 2621-0398

[img] Text
2019_penguatan UKS.pdf

Download (433kB)
Official URL: https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas

Abstract

Pelatihan guru UKS dalam hal penilaian status gizi dengan antropometri diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam akselerasi UKS. Pelatihan dapat mengembangkan kapasitas petugas UKS dalam menjalankan fungsinya sebagai petugas health promoting school. Pelatihan terbatas pada 32 guru UKS, sehingga perlu dilakukan pelatihan bagi sekolah lain termasuk sekolah menengah pertama dan atas dengan substansi materi yang disesuaikan dengan tahapan tumbuh kembang siswa. Sebagian besar peserta berasal dari SD negeri (68,6%), laki-laki (59,4%), 31-40 tahun (34,4%), guru pendidikan jasmani/olah raga (65,5%), mengelola UKS sejak tahun 2010 (37,5%) dan belum pernah mendapat pelatihan serupa yang diberikan peneliti (94,8%) Pelatihan merupakan cara yang efektif dalam meningkatkan skor pengetahuan dan ketrampilan peserta dalam hal pengukuran status gizi. pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Pelatihan penilaian status gizi bagi guru UKS sangat diperlukan untuk mendukung health promoting school dan mendukung keberhasilan pemerintah dalam upaya akselerasi UKS. Kata kunci: Guru; Pelatihan; SD; UKS.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
Depositing User: PAK DOSEN 2020
Date Deposited: 07 Dec 2020 22:02
Last Modified: 07 Dec 2020 22:02
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/5196

Actions (login required)

View Item View Item