PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU SEBAGAI MEDIA MITIGASI NON-STRUKTURAL BENCANA GEMPA BUMI PADA ANAK-ANAK : A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Marta Kusumaningtyas Padmonegoro (2020) PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU SEBAGAI MEDIA MITIGASI NON-STRUKTURAL BENCANA GEMPA BUMI PADA ANAK-ANAK : A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.

[img] Text
1. Awal.pdf

Download (700kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (16kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf

Download (311kB)
[img] Text
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
7. Conclusion.pdf

Download (9kB)
[img] Text
8. References.pdf

Download (229kB)
[img] Text
9. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
MARTA KUSUMANINGTYAS PADMONEGORO_P07133216005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Letak geografis Indonesia yang berada pada pertemuan 3 lempeng tektonik besar yaitu Indo-Australia, Eurasi dan Pasifik menjadikan sebagian besar wilayah Indonesia rawan terjadi bencana gempa bumi (Amri et al., 2016). Maka dari itu masyarakat perlu mengerti upaya untuk mengurangi resiko bencana atau dikenal dengan mitigasi bencana (Sudrajat, 2006). Pendidikan bencana dapat diawali pada anak usia sekolah dasar karena menurut Piaget pada masa ini merupakan fase operasional konkrit (Suhardjo, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya pengaruh permainan kartu sebagai media penyuluhan mitigasi bencana gempa bumi terhadap tingkat pengetahuan anak-anak menurut kajian artikel penelitian yang sudah ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode sistematik literatur review. Variabel terikat adalah tingkat pengetahuan, sedangkan variabel bebasnya adalah penggunaan permainan kartu sebagai media penyuluhan. Dilakukan review pada 10 artikel penelitian yang berkaitan tentang penggunaan permainan kartu sebagai media mitigasi gempa bumi sebagai sampel. Sebanyak 90% artikel yang dikaji dilakukan di Indonesia dan 10% dikaji di luar negeri dengan metode 40% penelitian dan pengembangan (R&D), 40% eksperimen, 10% menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dan 10% SDLC dengan model Waterfall. Subjek penelitian 80% merupakan siswa dengan rentang kelas IV-VI sekolah dasar. Hasil menunjukkan dari 10 artikel yang dikaji perlakuan yang dilakukan antara lain pembelajaran dengan permainan, diskusi dan simulasi, diskusi, dan penyuluhan. Perlakuan tersebut bermakna secara statistik dan deskriptif dapat meningkatkan pengetahuan maupun pemahaman anak-anak mulai dari anak pra sekolah sampai anak sekolah dasar. Karena pembelajaran dilakukan dengan bermain, maka materi yang disampaikan akan menarik perhatian anak. Dengan beberapa media permainan tersebut, maka penelitian sebelumnya dapat mendukung media yang diusulkan peneliti yaitu penggunaan permainan kartu yang diprediksi dapat meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi pada anak-anak. Saran dari peneliti adalah menerapkannya di lapangan untuk mengetahui pengaruh nyata permainan kartu sebagai media penyuluhan terhadap pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi pada anak-anak. Kata kunci : review literatur, permainan kartu, mitigasi bencana, gempa bumi, anak-anak

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 11 Jun 2021 07:53
Last Modified: 04 Mar 2022 04:45
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/4875

Actions (login required)

View Item View Item