PENGGUNAAN PERMAINAN POHON SAMPAH PADA PENYULUHAN PEMILAHAN SAMPAH TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI MARGOMULYO SLEMAN

LATIFAH NURUL ‘AINI (2017) PENGGUNAAN PERMAINAN POHON SAMPAH PADA PENYULUHAN PEMILAHAN SAMPAH TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI MARGOMULYO SLEMAN. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
PENGGUNAAN PERMAINAN POHON SAMPAH PADA PENYULUHAN PEMILAHAN SAMPAH TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK SISWA KELAS IV DAN V SDN MARGOMULYO SLEMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Anak usia sekolah termasuk kelompok masyarakat yang mempunyai resiko tinggi yang rentan terhadap penyakit karena Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah yang kurang maksimal, salah satunya adalah menempatkan sampah ke tempat sampah yang terpilah. Berdasarkan hasil wawancara pada 10 siswa di SD N Margomulyo 1 yaitu 7 siswa belum menempatkan sampah sesuai dengan jenisnya. Penggunaan permainan pohon sampah salah satu upaya promotif untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktik siswa dalam melakukan pemilahan sampah. Pohon sampah merupakan permainan mengelompokkan gambar sampah sesuai jenisnya dengan mengibaratkan gambar sampah sebagai daun dan tempat sampah sebagai pohon. Tujuan penelitian diketahuinya pengaruh penggunaan permainan pohon sampah pada penyuluhan pemilahan sampah terhadap pengetahuan, sikap, dan praktik siswa kelas IV dan V. Jenis penelitian ini Quasi Eksperiment dengan desain Non Equivalent Control Group. Lokasi penelitian di SD N Margomulyo 1 dan SD N Margomulyo 2, Sleman. Subyek penelitian siswa kelas IV dan V SD N Margomulyo 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD N Margomulyo 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan rata – rata selisih nilai pengetahuan (2,8 atau 56,34%), sikap (1,87 atau 26,61%), dan praktik (2,17 atau 146,39%). Data yang diperoleh diolah dengan uji statistik Saphiro-Wilk dan uji Mann Whitney α = 0,05 untuk membandingkan nilai selisih nilai pre dan post test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji Saphiro-Wilk diperoleh nilai Sig(p-value) pengetahuan (0,000 < 0,05), sikap (0,002 < 0,05), dan praktik (0,002 < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh penggunaan permainan pohon sampah terhadap pengetahuan, sikap, dan praktik siswa kelas IV dan V SD N Margomulyo 1 dalam memilah sampah di sekolah yaitu sampah plastik, kertas, serta sisa makanan dan makanan. Kata kunci : pohon sampah, pengetahuan, sikap, dan praktik

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan
Depositing User: editor ed
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:39
Last Modified: 02 Nov 2020 03:39
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item