PERBEDAAN KEPUASAN PENGGUNA TOILET UMUM ANTARA YANG DIKELOLA PAGUYUBAN ANUGERAH TIRTO DENGAN PEMILIK WARUNG DI PANTAI PARANGTRITIS KABUPATEN BANTUL

BERTI OKTIANA (2017) PERBEDAAN KEPUASAN PENGGUNA TOILET UMUM ANTARA YANG DIKELOLA PAGUYUBAN ANUGERAH TIRTO DENGAN PEMILIK WARUNG DI PANTAI PARANGTRITIS KABUPATEN BANTUL. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
KTI BERTI OKTIANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://poltkkesjogja.ac.id

Abstract

Permasalahan di bidang kesehatan terkait dengan sanitasi di tempat umum yang dapat menjadi tempet penularan penyakit dengan intensitas jumlah dan waktu kunjungan tinggi. Penularan penyakit dapat terjadi di tempat-tempat umum karena kurang tersedianya air bersih, jamban sehat, kurang baiknya pengelolaan sampah, air limbah dan lain-lain. Dari hasil survey pendahluan sebelumnya toilet yang disediakan di Pantai Parangtritis kondisinya kurang bersih dan bau sehingga peneliti ingin mengetahui lebih detail kondisi fasilitas toilet yang disediakan di Pantai Parangtritis khususnya pada toilet yang dikelola Paguyuban Anugerah Tirto dan yang dikelola Pemilik Warung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui perbedaan kepuasan pengguna toilet umum antara yang dikelola Paguyuban Anugerah Tirto dengan Pemilik Warung di Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul. Metode dalam penelitian ini yaitu survai dengan pendekatan cross sectional yang hasilnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji T-test Bebas. Lokasi penelitian ini adalah toilet umum di Pantai Parangtritis. Obyek penelitian ini adalah wisatawan yang menggunakan toilet umum di Pantai Parangtritis. Hasil penelitiannya adalah Kondisi sanitasi toilet umum yang dikelola oleh Paguyuban Anugerah Tirto dan Pemilik Warung di Pantai Parangtritis keseluruhan (100%) dinyatakan “Laik Sehat”. Tingkat kepuasan pengguna toilet umum yang dikelola oleh Paguyuban Anugerah Tirto di Pantai Parangtritis sebanyak 31 orang (49,21%) menyatakan “Puas”. Tingkat kepuasan pengguna toilet umum yang dikelola oleh Pemilik Warung di Pantai Parangtritis sebanyak 38 orang (60,32%) menyatakan “Puas”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan bermakna tingkat kepuasan pengguna toilet umum antara yang dikelola Paguyuban Anugerah Tirto dengan Pemilik Warung di Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul (p = 0,017 ≤ 0,05). Kata Kunci: Kepuasan Pengguna Toilet, Kondisi Sanitasi Toilet Umum, Tempat Wisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Depositing User: editor ed
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:01
Last Modified: 27 Oct 2020 03:01
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/4749

Actions (login required)

View Item View Item