KONDISI FASILITAS SANITASI DI KOLAM RENANG TRIMOLT KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2017

AZHAR AGUS YUDA TAMTAMA (2017) KONDISI FASILITAS SANITASI DI KOLAM RENANG TRIMOLT KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2017. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
AZHAR AGUS YUDA TAMTAMA (KTI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://poltkkesjogja.ac.id

Abstract

Tempat-tempat umum diartikan sebagai suatu tempat dimana banyak orang berkumpul untuk melakukan kegiatan baik secara insidentil maupun terusmenerus, baik secara membayar, maupun tidak. Kondisi fasilitas sanitasi kolam renang Trimolt diketahui sebagai berikut. Kurangnya penyediaan tempat sampah, papan tanda kedalaman kolam renang, Toilet pria dan wanita belum terpisah. Untuk itu diperlukan Inspeksi sanitasi yang tujuanya untuk mengawasi beberapa faktor lingkungan fisik yang berpengaruh kepada manusia, terutama terhadap halhal yang mempunyai efek merusak perkembangan fisik, kesehatan dan kelangsungan hidup untuk kemudian diberikan masukan jika perlu apabila dalam pemantauan masih terdapat hal-hal yang perlu mendapatkan pembenahan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi fasilitas sanitasi kolam renang Trimolt Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo dan kepuasan pengunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis deskriptif. Variabel dalam penelitian ini yaitu fasilitas sanitasi kolam renang dan penilaian kepuasan pengunjung terhadap kondisi fasilitas sanitasi kolam renang. Lokasi penelitian ini di kolam renang Trimolt yang beralamat di Panggang, Bumirejo, Kacamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo dengan populasi sebanyak 120 orang. Sampel yang di gunakan sebanyak 30 orang responden menggunakan Non Random Sampling dengan metode Accidental Sampling. Berdasarkan hasil inspeksi fasilitas sanitasi kolam renang yang didapatkan bahwa fasilitas sanitasi di Kolam Renang Trimolt dinyatakan dalam kategori laik sehat dengan prosentase sebesar 87,1%. Penilaian kepuasan pengunjung yaitu tidak puas dengan prosentase 53%. Meskipun hasil inspeksi laik sehat dapat dimungkinkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain kebiasaan pengunjung yang menggunakan kolam renang lain yang lebih baik dan berada di kota pada saat itu ingin mencoba di kolam renang trimolt kemudian pengaruh sikap komunikasi, kesigapan dan keramahan para petugas dilokasi dalam melayani pengunjung. Tentunya diharapkan pengelola kolam renang Trimolt lebih mengupayakan lagi pelayanan bagi pengunjung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Depositing User: editor ed
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:31
Last Modified: 27 Oct 2020 02:31
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/4745

Actions (login required)

View Item View Item