PENGGUNAAN PENYULUHAN METODE DEMONSTRASI DAN POSTER TERHADAP PENGETAHUAN, PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI SD PENGKOL SIDOARUM GODEAN

DESI NORMA NINGSIH (2016) PENGGUNAAN PENYULUHAN METODE DEMONSTRASI DAN POSTER TERHADAP PENGETAHUAN, PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI SD PENGKOL SIDOARUM GODEAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
KTI DESI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Perilaku hidup bersih disekolah merupakan kebutuhan mutlak anak sekolah karena anak-anak sekolah merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dijaga kesehatannya. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SD N Tinom yang beralamat di Tinom, Sidoarum, Godean sudah melakukan kegiatan cuci tangan pakai sabun sekitar 80% sedangkan SD N Pengkol yang beralamat di Pengkol, Sidoarum, Godean be lum melakukan kegiatan cuci tangan pakai sabun sekitar 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan penyuluhan metode demonstrasi dan poster terhadap pengetahuan, praktik cuci tangan pakai sabun di SD N Pengkol Sidoarum Godean. Melalui penyuluhan dengan metode demonstrasi dan poster, siswa dapat melihat, mengamati dan mungkin merasakan proses yang dipertunjukkan. Penelitian ini pada kelompok perlakuan menggunakan metode demonstrasi dan poster sedangkan pada kelompok kontrol menggunakan metode poster saja. Penelitian bersifat quasi eksperimen dengan pendekatan non-equivalent group design. Sampel penelitian menggunakan total samplig yaitu semua siswa kelas IV di kedua SD dijadikan sampel penelitian. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analitik. Pada variabel Pengetahuan dan praktik dianalisis menggunakan Kolmogorof- swirnov dan dilanjut dengan T-test bebas dan Mann whitney. Hasil penelitian pada variabel pengetahuan menunjukan bahwa ada perubahan nilai pengetahuan cuci tangan pakai sabun dengan nilai ρ-value =0,000 atau ρ<0,05 sedangkan variabel praktik menunjukkan bahwa tidak ada perubahan nilai praktik cuci tangan pakai sabun dengan nilai nilai ρvalue =0,425 atau ρ>0,05. Dapat disimpulkan bahwa nilai pengetahuan dan praktik cuci tangan lebih tinggi pada kelompok demonstrasi dan penggunaan poster dibandingkan dengan kelompok yang hanya menggunakan poster saja. Saran bagi siswa untuk membiasakan mencuci tangan menggunakan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun. Kata Kunci: Penyuluhan, Metode demonstrasi, Cuci tangan pakai sabun

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Depositing User: editor ed
Date Deposited: 26 Oct 2020 07:41
Last Modified: 26 Oct 2020 07:41
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/4715

Actions (login required)

View Item View Item